WIRANTI, SUKMA (2022) EXPLORING THE FACTORS AND LEVELS OF STUDENTS’ AUTONOMY IN LANGUAGE LEARNING (A Mixed-Method Study on the Twelfth Graders of SMA Negeri 2 Semarang in the Academic Year of 2022/2023). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Bahasa Inggris_31801800036_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801800036_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Pendidikan Bahasa Inggris_31801800036_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801800036_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (339kB)

Abstract

Otonomi siswa sangat penting dalam pembelajaran bahasa. Otonomi siswa diyakini
sebagai salah satu elemen kunci dalam pembelajaran bahasa yang sukses di mana
pembelajaran yang mandiri, berpusat pada siswa, dan dapat dikelola sendiri
menjadi sorotan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tingkat otonomi
siswa dalam pembelajaran bahasa dengan mempertimbangkan karakteristik siswa
yang otonom dan faktor-faktor yang mempengaruhi otonomi siswa. Sebagai studi
metode campuran, penelitian ini menggabungkan kuesioner dan wawancara sebagai
instrumen. Sampel penelitian ini adalah 34 siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 2
Semarang. Data kuantitatif mengenai tingkat otonomi siswa menunjukkan:
emerging (0%), beginning (14,12%), intermediate (57,60%), advanced (28,28%).
Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas tingkat kemandirian siswa dalam
pembelajaran bahasa berada pada tingkat menengah. Sedangkan rata-rata data
kuantitatif mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi otonomi siswa
menunjukkan: peran siswa (21,13%), peran guru (21,83%), tugas (16,90%),
lingkungan (21,83%), materi (18,31%). Hal ini menunjukkan bahwa siswa setuju
bahwa kemandirian siswa dipengaruhi oleh faktor-faktor pendukung tersebut. Data
kualitatif menunjukkan bahwa kemampuan otonomi siswa juga didukung oleh
beberapa faktor, seperti: tujuan dan motivasi siswa, ikatan guru dan siswa, materi
dan kegiatan pembelajaran, serta lingkungan belajar yang mendukung.
Kesimpulannya, pengembangan keterampilan otonom siswa terkait dengan faktorfaktor
pendukung,
baik
dari
dalam diri
siswa
maupun
dari
luar
diri
siswa.

Kata Kunci: Keterampilan Otonom, Pembelajaran Bahasa, Tingkat Otonomi
Siswa

Dosen Pembimbing: Widiyati, Elok | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya
Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya > Mahasiswa FBSB - Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 03:39
Last Modified: 23 Jan 2023 03:39
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27508

Actions (login required)

View Item View Item