Fauziah, Putri Rosma (2022) The Use of Cartoon Movie to Improve Students’ Storytelling Ability (A Quasi-Experimental study at Senior High School). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801800028_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801800028_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan
cartoon movie dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berbicara
siswa melalui Storytelling atau tidak. Penelitian ini menggunakan desain QuasiExperimental
dengan
metode
kuantitatif.
Sample
yang
digunakan
dalam
penelitian
ini
yaitu 3 kelas sebagai Try-Out, control, dan experiment. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh SMA Negeri 5 Semarang dalam tahun
ajaran 2021/2022 sejumlah 99 siswa.
Data yang dikumpulkan di analisis dengan menggunakan SPSS 25. Hasil
dari penelitian menunjukan bahwa menggunakan Cartoon Movie dalam
meningkatkan kemampuan Storytelling siswa significant pada kelas experiment.
Nilai rata-rata pre-test di kelas percobaan adalah 65.25 dan di kelas kontrol 66.00.
Setelah diberikan perlakuan, nilai rata-rata post-test di kelas percobaan adalah
69.62 dan di kelas kontrol 77.75. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
dengan menggunakan Cartoon Movie dapat meningkat secara signifikan
dibanding dengan metode tradisional. Hasil pada kedua t-test dalam kelas
percobaan dan kontrol menunjukan sig (2-tailed) 0.000<0.005. Dengan demikian
H1 dapat diterima, jadi penggunaan Cartoon Movie dalam meningkatkan
kemampuan Storytelling siswa effective.
Kata kunci: Berbicara, Film Kartun, Storytelling.
Dosen Pembimbing: | Ekaningsih, Nur | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya > Mahasiswa FBSB - Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Jan 2023 03:26 |
Last Modified: | 23 Jan 2023 03:26 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27477 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |