ANNATSA, LAKSA ULYA (2022) HIGHER EDUCATION EFL TEACHERS’ PERCEPTIONS ON THE IMPLEMENTATION OF CRITICAL THINKING IN SPEAKING CLASS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Bahasa Inggris_31801800021_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801800021_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Pendidikan Bahasa Inggris_31801800021_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801800021_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengalaman guru Bahasa Inggris dalam
menerapkan kemampuan berpikir kritis di kelas berbicara Bahasa Inggris di tingkat
Pendidikan tinggi dan mendeskripsikan persepsi mereka tentang penerapam
kemampuan berpikir kritis di kelas berbicara Bahasa Inggris. Sampel dari penelitian
ini adalah tiga orang guru dari dua perguruan tinggi yang berbeda di Jawa Tengah
dan Sumatra Utara. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan dianalisis
menggunakan tematik data analisis dengan tahapan: memahami data, Menyusun
kode, mencari tema, mengulas kembali, mengelompokkan tema dan interpretasi
data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mereka memiliki pandangan yang
positif terhadap kemampuan berpikir kritis dan memiliki kesadaran yang tinggi
terhadap penerapannya di kelas berbicara. Namun, dalam penerapannya guru
dihadapkan oleh berbagai masalah terutama pada manajemen waktu dan
kemampuan murid. Hasil penelitian ini dapat membantu guru di perguruan tinggi
untuk menentukan dan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam belajar berbicara Bahasa
Inggris.
Kata kunci: berpikir kritis, pembelajaran Bahasa Inggris, berbicara

Dosen Pembimbing: Anwar, Choiril | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya
Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya > Mahasiswa FBSB - Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 03:14
Last Modified: 23 Jan 2023 03:14
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27450

Actions (login required)

View Item View Item