SOFIAH, SOFA (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA MADU “9 RATU LEBAH” UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI ERA DIGITAL (Studi Deskriptif pada Produk UMKM Madu “9 Ratu Lebah” di Kendal ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32801800073_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32801800073_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32801800073_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32801800073_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (117kB)

Abstract

Madu “9 Ratu Lebah” merupakan bisnis pemula dalam memasuki pasar
online pada saat pandemi. Dimana, kondisi ideal nya UMKM mengalami
penurunan. Namun, pihaknya mampu masuk dengan menerapkan sistem
digitalisasi sehingga dapat meningkatkan penjualan. Tinggi nya persaingan
membuat UMKM pada produk ini harus mampu mengimbangi melalui
peningkatan daya saing. Maka dari itu, dalam upaya nya meningkatkan daya
saing di era teknologi digital diperlukan perencanaan strategi yang baik untuk
kedepannya.

Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui strategi khusus seperti apa
yang digunakan serta rencana strategi kedepannya dalam meningkatkan daya
saing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif,
dengan paradigma interpretif. Penelitian ini menggunakan teori keunggulan
bersaing serta konsep bauran pemasaran. Subjek penelitian ini adalah pemilik
dari usaha madu “9 Ratu Lebah” serta tim marketing nya.
Berdasarkan hasil dari penelitian, dapat disimpulkan bahwasanya produk
madu “9 Ratu Lebah” saat ini telah menerapkan strategi bauran pemasaran
(Marketing Mix) melalui komunikasi secara langsung (offline) berupa
Advertising, Personal Selling, Sales Promotion Serta komunikasi secara tidak
langsung (online) melalui media sosial seperti instagram, facebook , whatsapp
serta website. Penerapan brand image dengan menempatkan produk madu
sebagai salah satu minuman kesehatan, merupakan strategi khusus nya
sehingga dapat meningkatkan penjualan secara signifikan. Serta menekankan
pada penetapan biaya atau harga yang mudah dijangkau (cost leardership),
membuat pembeda dari produk lain melalui ciri khas, kualitas serta inovasi
pada produk nya (differensiasi) dan memfokuskan pada permintaan target
pasar untuk strategi daya saingnya.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Bauran Pemasan, Daya Saing.

Dosen Pembimbing: Trimanah, Trimanah and Adnjani, Made Dwi | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 01:51
Last Modified: 23 Jan 2023 01:51
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27311

Actions (login required)

View Item View Item