Handayani, Arum Siti (2022) PENERAPAN KURIKULUM MUATAN LOKAL (MULOK) BACA TULIS AL-QUR’AN DI SD TAHFIDZ AR-RISALAH BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of 31501800020_fullpdf.pdf] Text
31501800020_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of publikasi.pdf] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (48kB)

Abstract

Masyarakat di sekitar sekolah adalah masyarakat yang religius, dengan begitu seharusnya seluruh siswa yang belajar di Sd Tahfid Ar-Risalah Bandungan ini tidak ada yang buta baca tulis Al-Qur’an. Tapi pada kenyataannya tidak demikian, hal ini dapat dilihat salah satunya anak -anak kelas 3 masih banyak yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data penulis menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data. Dari hasil penelitian ini yaitu terdapat tapananperecanaan dalam penerapan muatan lokal baca tulis Al-Qur’an sudah bagus walaupun masih ada sebagian peserta didik yang masih belum lancar dalam membaca Al-Qur’annya karena terdapat hambatan dan tantangan dalam proses penerapan kurikulum muatan lokal baca tulis Al-Qur'an Kurangnya sara prasarana, kurangnya antusias siswa, dan kurangnya dukungan dari keluarga.

Kata Kunci: Penerapan, Kurikulum, Muatan Lokal, Baca Tulis Al-Qur’an

Dosen Pembimbing: Makhshun, Toha | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:17
Last Modified: 19 Jan 2023 07:17
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27306

Actions (login required)

View Item View Item