Rahayu, Mukti Nur (2021) PENGARUH KUALITAS PELA YANAN SHOPEEFOOD TERHADAP MINAT BELi DAN KEPUASAN KONSUMEN DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32801800054_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32801800054_fullpdf.pdf |
Abstract
E-commerce adalah sebuah media telekomunikasi yang didalamnya terjadi
proses pertukaran, pembelian, dan penjualan produk atau jasa yang menggunakan
alat transportasi, baik secara fisik maupun digital dari lokasi ke lokasi. E-commerce
Kuliner yang sedang ramai diperbincangkan di kota-kota besar khususnya kota
Semarang adalah ShopeeFood. Peneliti melihat adanya pengaruh besar kualitas
pelayanan terhadap minat beli dan kepuasan konsumen ShopeeFood. Dengan
begitu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: l) pengaruh kualitas pelayanan
ShopeeFood terhadap minat beli 2) pengaruh kualitas pelayanan tehadap kepuasan
konsumen.
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Semarang pengguna
aplikasi Shopee dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan paradigma
positivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AIDDA.
Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner pada
responden dengan teknik penentuan responden menggunakan purposive sampling.
Perhitungan besamya pengaruh pada penelitian ini menggunakan analisis regresi
linier sederhana dengan menggunakan bantuan IBM SPSS sebagai alat bantu untuk
melakukan uji data statistik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh item kuesioner yang telah
diuji dinyatakan valid karena r hi tung> r tabel (0, 195), dan juga dinyatakan reliabel
dengan nilai diatas 0,60. Analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa
adanya hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan (X) terhadap minat beli
(YI) sebesar 0,654 dan taraf signifikansi 0,000 dan adanya hubungan yang
signifikan antara kualitas pelayanan (X) dan kepuasan konsumen (Y2) sebesar
0,733 dan taraf signifikansi 0,000. Maka dari itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa
kualitas pelayanan ShopeeFood memiliki pengaruh positif secara signifikan
terhadap minat beli dan kepuasan konsumen. Namun ada beberapa keterbatasan
yang dijumpai dalam penelitian ini seperti variabel lain yang dapat memengaruhi
minat beli dan kepuasan konsumen, misal kualitas produk. Di samping itu jawaban
yang diberikan oleh responden yang kurang paham dengan masalah penelitian
terkesan asal menjawab atau mengambil jalan tengahnya saja. Oleh karena itu
diharapkan untuk penelitian selanjutnya untuk menambah variabel dalam penelitian
dan menambahkan teori pendukung lainnya supaya penelitian kedepannya bisa
lebih baik lagi.
Kata Kunci : ShopeeFood, Kualitas Pelayanan, Minat Beli, Kepuasan Konsumen
Dosen Pembimbing: | Adnjani, Made Dwi and Mulyadi, Urip | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK) |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 07:14 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:14 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27301 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |