Umar, Muhammad Aji Alnafi (2022) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN SKI DI MADRASAH ALIYAH AN NIDHAM KALISARI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of 31501700074_fullpdf.pdf] Text
31501700074_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of publikasi.pdf] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (104kB)

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang penting bagi seorang guru. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran PAI, bisa dilihat dari aspek kemampuan pengetahuan pembelajaran, menyusun rancangan pembelajaran (RPP), dan proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pemgumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, Analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Mengenali karakteristik siswa (2). Pencapaian kompetensi pedagogik guru dalam pengembangan kurikulum diantaranya guru membuat silabus, menyusun RPP, dan memilih materi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam kategori cukup baik. (3) Kompetensi pedagogik guru dalam melakukan penilaian terhadap hasil belajar dalam kategori "baik", karena guru dalam melakukan penilaian menggunakan 3 tahapan yaitu: Guru menggunakan alat penilaain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, guru menggunakan berbagai teknik, dan guru menganalisis hasil penilaian.
Kata kunci: Kompetensi pedagogik, guru, pembelajaran PAI

Dosen Pembimbing: Tjahjono, Ali Bowo | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:27
Last Modified: 19 Jan 2023 04:27
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27257

Actions (login required)

View Item View Item