HARDIANI, ANNISA SAFITRI (2022) PENGARUH KREDIBILITAS SUMBER DAN EFEKTIVITAS PESAN PADA IKLAN TOKOPEDIA X BTS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SULTAN AGUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32801700006_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32801700006_fullpdf.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32801700006_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32801700006_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (318kB)

Abstract

Maraknya e-commerce yang ada saat ini mempengaruhi tren gaya belanja dari
konvensional atau offline, kini berubah menjadi serba online. Perusahaan dituntut
untuk memiliki cara kreatif dalam beriklan agar bisa menarik perhatian konsumen
untuk membeli suatu produk. Promosi dengan menggunakan iklan pun tak hanya
menampilkan merek atau produk saja, melainkan juga menggunakan model sebagai
pendamping iklan dan sebagian dari mereka dipercaya menjadi duta merek (brand
ambassador) sebagai strategi yang digunakan perusahaan. Dalam penelitian ini,
variabel keputusan membeli merupakan penentu dari penelitian ini, sesuai dengan
teori A-T-R yaitu Awareness (kesadaran), Trial (percobaan), dan Reinforcement
(penguatan) dari iklan tersebut apakah mempengaruhi perilaku konsumen khalayak
dan menjadikan masyarakat memutuskan membeli pada sebuah produk tersebut.
Salah satu perusahaan dengan strategi tersebut adalah Tokopedia. Bahwasannya
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas sumber dan
efektifitas iklan pada iklan Tokopedia X BTS berpengaruh secara signifikan
terhadap keputusan pembelian mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sultan
Agung, dengan menerapkan teori A-T-R yang ada. Peneliti mengambil paradigma
postivisme untuk penelitian ini dan penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif dengan pendekatan Kausalitas. Dalam memilih sampel, peneliti memilih
menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
nilai signifikansi t hitung dari variabel Kredibilitas Sumber adalah 0,000. Karena
nilai 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien variabel Kredibilitas Sumber positif, maka
disimpulkan bahwa terjadi pengaruh positif dan signifikan antara Kredibilitas
Sumber dengan Keputusan Pembelian secara statistik. Dan diketahui bahwa nilai
signifikansi t hitung dari variabel Efektifitas Pesan adalah 0,010. Karena nilai 0,010
< 0,05 dan nilai koefisien variabel Efektifitas Pesan positif, maka disimpulkan
bahwa terjadi pengaruh positif dan signifikan antara Efektifitas Pesan dengan
Keputusan Pembelian secara statistik. Adapun saran dalam penelitian ini,
diharapkan pada penelitian selajutnya, peneliti lebih cermat lagi dalam memilih
sampel penelitian atau dapat menambahkan faktor lain yang dapat mempengaruhi
keputusan pembelian. Dalam penelitian ini, peneliti menyadari bahwa penelitian ini
memiliki keterbatasan kemampuan peneliti untuk meneliti lebih dalam, maka diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti lain untuk
mengembangkan penelitian selanjutnya sehingga menjadi lebih baik. Untuk
Tokopedia tetap pertahankan promosi online nya dan tingkatkan lagi kreativitas nya
dalam konten promosi khususnya dengan menggunakan endorse BTS, sehingga
konsumen pun akan lebih tertarik. Harapan peneliti, Tokopedia dapat menjadi trend
center bagi e-commerce lainnya. Sedangkan untuk para konsumen sebagai calon
konsumen ataupun konsumen tetap dalam melakukan pembelian produk di
Tokopedia diharapkan dapat memberikan rating yang layak, dikarenakan akan
mempengaruhi citra Tokopedia itu sendiri.

Kata Kunci
: Kredibilitas Sumber, Efektifitas Iklan, Keputusan
Pembelian

Dosen Pembimbing: Marhaeni, Dian and Trimanah, Trimanah | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:26
Last Modified: 19 Jan 2023 06:26
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27240

Actions (login required)

View Item View Item