Rahman, Ilham Afdhal (2022) ENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI DAN PERSEPSI MASYARAKAT DESA JEKULO TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN DI BALAI DESA JEKULO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_31001600375_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_31001600375_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, pemerintah membentuk instansi yang
bergerak dibidang pelayanan masyarakat salah satunya balai Desa. Peran Balai Desa
ialah memberikan pelayanan kepada masyarakat serta mempermudah urusan
masyarakat sehingga timbul kepuasan dan perspesi positif dengan pelayanan yang
diberikan oleh Balai Desa. Namun berbeda dengan Balai Desa Jekulo, masih terdapat
kendala khususnya sosialisasi untuk masyarakat awam tentang pelayanan administrasi
di Balai Desa kurang terlaksana dengan baik.
Penelitian ini menerapkan teori marketing mix bagaimana strategi komunikasi
dan persepsi dibangun untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Balai Desa Jekulo.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitian lapangan
yaitu metode observasi dan angket (angket). Peneliti kemudian menganalisis data
menggunakan uji statistik dengan menggunakan program IBM SPSS 20 untuk
menemukan bukti dari masing-masing variabel yang diteliti dan untuk mengetahui
hubungan antara variabel independen dan dependen. Dalam penelitian ini
pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden,
dan metode pengujian datanya adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi
berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua kuesioner dinyatakan valid.
Strategi komunikasi dan persepsi masyarakat Desa Jekulo berpengaruh signifikan dan
nyata terhadap kepuasan pelayanan di Balai Desa Jekulo. Hasil uji reliabilitas semua
variabel strategi komunikasi sebesar 0.904, persepsi masyarakat sebesar 0.807 dan
kepuasan sebesar 0.871. Variabel Strategi komunikasi dan Persepsi masyarakat secara
parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelayanan di Balai Desa Jekulo dengan
presentase sebesar 65,2%. Keterbatasan penelitian yaitu responden hanya satu tempat
yang artinya belum bisa digeneralisasikan atau karakteristik kurang beragam dan saran
untuk penelitian selanjutnya lebih aktif, teliti dan perbanyak wawasan dengan
membaca buku dan jurnal.
Kata Kunci: Balai Desa; Kepuasan Pelayanan; Persepsi Masyarakat; Strategi
Komunikasi.
Dosen Pembimbing: | Mubarok, Mubarok and Adnjani, Made Dwi | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK) |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 06:21 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 06:21 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27169 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |