Lailatul, Ahmad Sofi’i (2022) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V SD N KEBONAGUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of 34301800006_fullpdf.pdf] Text
34301800006_fullpdf.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of publikasi.pdf] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (50kB)

Abstract

Penelitian difokuskan model Realistic Mathematics Education mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Kebonagung pada materi penjumlahan dan pengurangan dua pecahan campuran. Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh model Realistic Mathematics Education (RME). Populasi dalam penelitian ini difokuskan pada siswa kelas V SD kebonagung Tahun ajaran 2021/2022. Variabel penelitian meliputi kemampuan pemecahan siswa dan model Realistic Mathematic Education. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, hasil penelitian menyelesaikan soal berpikir kritis pada siswa kelas V SDN Keboagung dalam mata pelajaran Matematika menunjukkan adanya perbedaan antara sebelum dan sesudah memakai model Realistic Matemathic Education. Hal ini bisa ditunjukkan dengan melihat nilai rata-rata pretest dan posttest, dimana nilai pretest adalah 40% dan nilai posttest adalah78%, serta hasil analisis data. Uji teori untuk melihat apakah telah terjadi perubahan atau perbedaan kemampuan menyelesaikan soal kemampuan berpikir kritis. Hal ini dibuktikan dengan besar Lower dan Upper yang bernilai negatif. Dimana Lower sebesar -21,343 dan Upper sebesar -16,551. Sig. (2-tailed) menghasilkan nilai 0,000 yang berarti < 0,05. Dari ciri uji andaikala Lower negatif dan Upper positif atau nilai sig. (2-tailed) > ∝ maka Ho diterima. Ho ditolak yang berarti Ha diterima. Dengan begitu, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang signifikan dalam mata pelajaran matematika antara before dan after memakai model pembelajaran Realistic Mathematic Education. Terdapat pengaruh model Realistic Mathematic Education terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran Matematika kelas V SDN Kebonagung tahun pelajaran 2021/2022. Perkembangan kemampuan pemecahan masalah siswa selama diterapkan model Realistic Mathematic Education menunjukkan bahwa perubahan lebih baik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (treatment).
Kata Kunci : Realistic Mathematic Education, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika

Dosen Pembimbing: Sari, Yunita and Ulia, Nuhyal | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:47
Last Modified: 17 Jan 2023 01:47
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27127

Actions (login required)

View Item View Item