Wulandari, Risma (2021) HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN PSIKOLOGI MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNISSULA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Keperawatan_30901800150_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Keperawatan_30901800150_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Ilmu Keperawatan_30901800150_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Keperawatan_30901800150_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (143kB)

Abstract

Latar Belakang: Pembelajaran Daring kini dapat kita kenal dari suatu kalangan
akademik dan masyarakat dengan sebuah istilah atau pengertian sebagai
pembelajaran secara online ( online learning ). Pembelajaran daring dalam kondisi
seperti ini sangat berdampak buruk terhadap psikologis mahasiswa, khususnya
diri kita sendiri. Kita sebagai mahasiswa sempat merasakan stres ringan saat
pemebelajaran berlangsung, namun lambat laun kita mulai terbiasa dan mencoba
untuk beradaptasi.
Tujuan: Untuk mengetahui adanya hubungan pembelajaran daring dengan
psikologi mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung
Semarang.
Metode: Jenis penelitian Kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel
yang digunakan adalah mahasiswa semester 7 angkatan 2018 Fakultas Ilmu
Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Teknik yang digunakan
adalah Total Populasi sebanyak 184 responden. Uji korelasi yang digunakan pada
penelitian ini adalah uji Spearmen rank corelation.
Hasil:Rata-rata Pembelajaran Daring pada mahasiswa semester 7 di Fakultas Ilmu
Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang adalah sebesar 71,2%
dalam kategori tidak efektif. Sedangkan Kondisi Psikologi mahasiswa semester 7
di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang adalah
79,9% dalam kategori Sedang.
Simpulan :Ada hubungan antara Pembelajaran Daring dengan Psikologi
Mahasiswa di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung dengan
p-value 0,05 yang menunjukkan bahwa pembelajaran daring dengan psikologi
mahasiswa memiliki hubungan yang bermakna. Didapatkan hasil correlation
dengan nilai 0,081 maka menunjukkan adanya keeratan korelasi sangat lemah
dengan arah korelasi negatif. Semakin tidak efektifnya pembelajaran daring maka
akan berdampak pada kondisi psikologi mahasiswa.
Kata Kunci:Pembelajaran Daring, Psikologi mahasiswa, Pandemi covid-19.
DaftarPustaka:28(2008-2021)

Dosen Pembimbing: Issroviatiningrum, Retno and Sari, Dyah Wiji Puspita | nidn0604038901, nidn0622078602
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Mahasiswa FIK - Skripsi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:04
Last Modified: 13 Jan 2023 07:04
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26782

Actions (login required)

View Item View Item