A’yuni, Mustikaningtyas Dewi Qurrota (2022) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA DI SMP N 2 SAYUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Keperawatan_30901800121_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Ilmu Keperawatan_30901800121_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Latar Belakang : Lingkungan keluarga setiap individu atau siswa memerlukan
dukungan keluarga dalam mencapai prestasi belajar, karena dukungan dari orang
tua akan menetukan seorang siswa dapat mencapai prestasi belajar yang tinggi.
Dukungan orang tua diwujudkan dalam hal kasih sayang, memberi nasehat-nasehat
dan sebagainya. Prestasi belajar merupakan indicator penting dari hasil yang
diperoleh selama mengikuti pendidikan. Prestasi dapat diartikan sebagai hasil yang
dicapai
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan
desain cross-sectional, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan pada
penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik dengan
pengambilan sampel melalui sumber data dengan pertimbangan tertentu. Jumlah
populasi pada penelitian ini yaitu 141 siswa. Analisa data yang digunakan adalah
Uji Gamma
Hasil Penelitian : Tingkat dukungan orang tua di kategori tinggi(16,4%). Kategori
sedang(51,1%). dan di kategori rendah(32,5). Sedangkan untuk prestasi belajar di
kategori tinggi(12%). Kategori sedang(52,2%). dan di kategori rendah(35,8). Hasil
Uji Gamma diperoleh p value 0.019
Kesimpulan : Ada hubungan antara dukungan orang tua dengan prestasi belajar
pada siswa di SMP N 2 Sayung
Kata Kunci
: Dukungan orang tua, Prestasi belajar
Daftar Pustaka :
Dosen Pembimbing: | Rochmawati, Dwi Heppy and Susanto, Wigyo | nidn0614087702, nidn0629078303 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Mahasiswa FIK - Skripsi Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 06:53 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 06:53 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26713 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |