Febriana, Lina (2022) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEPARAHAN DAN TINGKAT KONTROL ASMA BRONKIAL DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN ASMA BRONKIAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Keperawatan_30901800106_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Ilmu Keperawatan_30901800106_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Latar Belakang: Asma dengan tingkat keparahan dan tingkat kontrol yang buruk
dapat mempengaruhi kualitas hidup penderita. Tujuan umum penelitian ini adalah
untuk mengetahui hubungan antara tingkat keparahan dan tingkat kontrol asma
bronkial dengan kualitas hidup pasien asma bronkial.
Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan
cross sectional menggunakan teknik non probability dengan snowball sampling
dengan jumlah responden 75. Pengumpulan data penelitian menggunakan
kuesioner. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan uji
statistik chi square (x²).
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien asma bronkial yang tidak
terkendali sebanyak 34 responden (45,3%), terkontrol berjumlah 64 responden
(85,3%), kualitas hidup buruk berjumlah 47 responden (62,7%).
Simpulan: Ada hubungan antara tingkat keparahan dan kualitas hidup pasien
asma bronkial dengan nilai p-value 0,001, dan ada hubungan antara tingkat
kontrol dengan kualitas hidup pasien asma bronkial dengan nilai p-value 0,001.
Kata kunci: Tingkat Keparahan, Tingkat Kontrol, Kualitas Hidup, Asma
Bronkial
Daftar Pustaka: 31 (2010-2021)
Dosen Pembimbing: | Amal, Ahmad Ikhlasul and Wahyuningsih, Indah Sri | nidn0605108901, nidn0615098802 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Mahasiswa FIK - Skripsi Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 07:11 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 07:11 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26682 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |