Damayanti, Ardilla Sheila (2022) HUBUNGAN PEMBELAJARAN SISTEM DARING DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA DI FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNISSULA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Keperawatan_30901800016_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Keperawatan_30901800016_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Ilmu Keperawatan_30901800016_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Keperawatan_30901800016_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (264kB)

Abstract

Latar Belakang: Masa pandemi ini mengharuskan seluruh institusi pendidikan
mengubah metode pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran sistem daring
dimana tujuannya untuk membantu pemerintah dalam pencegahan penularan virus
covid-19.Kesiapan pembelajaran sistem daring tidak hanya pada para pengajar
namun juga pada peserta didik. Kemandirian dalam belajar mandiri harus dimiliki
oleh para peserta didik. Peserta didik harus memiliki tanggung
jawab,inisiatif,disiplin dan kepercayaan diri yang baik agar mampu memiliki
kemandirian belajar yang tinggi pada situasi pandemi dan belajar mengajar
dilaksanakan secara daring.
Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif desain cross sectional
dengan studi korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah
responden sebanyak 278 orang dengan teknik Stratified Random sampling. Data
yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan uji Spearman Rank
Hasil: Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 278 responden penelitian,
sebagian besar memiliki karakteristik berusia18-20 tahun (69,8%), berjenis kelamin
sebagian besar perempuan (88,8%), responden sebagian besar merupakan
mahasiswa semester 3 (37,4%), dengan indeks prestasi paling banyak pada 2,763,00
sebanyak
(80,6%),
dan
sebagian
besar
mahasiswa
tidak
mengikuti
organisasi

(53,6%).
Hasil
penelitian
juga
menunjukan
dalam
penilaian
pembelajaran
sistem

daring

sebagian besar menilai buruk (62,2%) dan pada kemandirian belajar
mahasiswa paling banyak dalam kategori rendah (59,4%).
Simpulan: ada hubungan antara Pembelajaran Sistem Daring dengan Kemandirian
Belajar mahasiswa di Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula 0,000 < 0,05 dengan
nilai r (0,403)

Kata kunci: pembelajaran sistem daring, kemandirian belajar mahasiswa
Daftar Pustaka: 33(2014-2021)

Dosen Pembimbing: Haiva, Nutrisia Nuim and Ardian, Iwan | nidn0609018004, nidn0622087403
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Mahasiswa FIK - Skripsi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2023 04:07
Last Modified: 12 Jan 2023 04:07
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26436

Actions (login required)

View Item View Item