KALSUM AZZAHARA, UMMY (2008) HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN KONSUMEN DENGAN INTENSI MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI KERETA API BISNIS FAJAR UTAMA DI WILAYAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
072030502_fulltext.pdf |
Abstract
Latar belakang penelitian berdasarkan menurunnya intensi menggunakan jasa
transportasi kereta api yang dialami oleh konsumen disebabkan oleh puas tidaknya
konsumen terhadap pelayanan jasa yang diterima, karena apabila konsumen puas
akan pelayanan jasa sesuai dengan harapannya, maka konsumen cenderung untuk
meningkatkan intensi menggunakan jasa transportasi kereta api.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empirik hubungan
antara kepuasan konsumen dengan intensi menggunakan jasa transportasi kereta api
di wilayah Semarang. Hipotesis yang diajukan adalah hubungan yang positif antara
kepuasan konsumen dengan intensi menggunak.an jasa transportasi kereta api di
wilayah Semarang. Makin tinggi kepuasan yang dirasakan konsumen, maka makin
inggi pula intensi menggunakan jasa transportasi kereta api, sebaliknya makin rendah
kepuasan yang dirasakan konsumen, maka makin rendah intensi konsumen untuk
menggunakan jasa transportasi kereta api
Hubungan antara kepuasan konsumen dengan intensi menggunakan jasa
transportasi kereta api di uji dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment
Pearson.
dari
Hasil uji hipotesis diperoleh koefisien korelasi r
= 0,541 dengan
p 0,000 (p< 0,01). Hasil lain yang diperoleh adalah nilai 0,293 yang berarti
sumbangan efektif kepuasan konsumen terhadap intensi menggunak.an jasa
transportasi kereta api di wilayah Semarang sebesar 29,3%. Nilai tersebut memiliki
arti bahwa kepuasan konsumen memiliki kontribusi terhadap intensi menggunakan
jasa transportasi di wilayah Semarang, sedangkan sisanya 70,7
dipengaruhi oleh
faktor-faktor lain.
Kesimpulan penelitian ada hubungan positif yang sangat signifikan antara
kepuasan konsumen dengan intensi menggunakan jasa transportasi kereta api. Hal ini
berarti sesuai dengan hipotesis yang diajukan bahwa makin tinggi kepuasan yang
dirasakan konsumen, maka makin tinggi pula intensi menggunakan jasa transportasi,
sebaliknya makin rendah kepuasan yang dirasakan oleh konsumen, maka makin
rendah intensi konsumen untuk menggunakan jasa transportasi kereta api.
Kata kunci kepuasan konsumen, intensi menggunakan jasa transportasi kereta api
Dosen Pembimbing: | Rustam, Amrizal and Rahmah, Laily | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Mahasiswa FPSI - Skripsi Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 02:01 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 02:01 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |