Khairunissa, Eva Kurnia (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS BERBANTU AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SD NEGERI PEGANDON. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
cover.pdf |
![]() |
Text
abstrak.pdf |
![]() |
Text
daftar isi.pdf |
![]() |
Text
bab 1.pdf |
![]() |
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf |
![]() |
Text
lampiran.pdf |
![]() |
Text
34301400511_fullpdf.pdf |
Abstract
Minat belajar siswa belajar masih rendah karena metode ceramah saat pembelajaran dari guru membosankan. Diperlukan pembelajaran yang menyenangkan sehingga hasil belajar siswa mencapai KKM yang ditentukan. Model Student Teams Achievment Divisions merupakan pembelajaran kooperatif siswa perlu ditempatkan dalam kelompok belajar beranggotakan empat orang yang merupakan campuran menurut tingkat kinerja, jenis kelamin, dan suku. Guru menyajikan pembelajaran kemudian siswa bekerjasama di kelompok mereka untuk memastikan bahwa seluruh anggota kelompok mereka telah menguasai materi tersebut. Media Audiovisual merupakan teknologi kaya informasi yang sangat efektif dan terjangkau sebagai media pandang dengar yang dapat membantu dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah melihat apakah metode pembelajaran STAD berbantu audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar kelas V SD Negeri Pegandon. Penelitian ini dibuktikan dengan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pegandon tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. hasil belajar IPA mengalami peningkatan melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievment Divisions berbantu media Audiovisual pada siswa kelas Vb SD Negeri Pegandon. Hal ini dibuktikan dengan nilai sebelum dilakukan perlakuan kemampuan belajar siswa terhadap materi IPA hanya mendapatkan rerata nilai sebesar 65,80 berdasarkan nilai yang didapat pada pre-test yang dilakukan dan setelah memberikan perlakuan pada pembelajaran didapatkan rerata 83,00 berdasarkan nilai yang didapat pada post-test yang dilakukan. Hasil pengolahan data uji hipotesis menggunakan Paired Samples Test menggunakan SPSS versi 25, menunjukkan hasil perhitungan dengan memperoleh nilai t hitung sebesar 15,785. Nilai ini lebih besar dari nilai t tabel yang dengan taraf signifikansi 5% sebesar 1,729 sedangkan jika menggunakan taraf signifikansi 1% sebesar 2,539. Begitu juga jika melihat taraf signifikansi perhitungan dari pengolahan data tersebut diperoleh 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Melihat nilai t hitung dan taraf signikansi tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh penggunaan model Student Teams Achievment Divisions berbantu media Audiovisual terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas Vb SD Negeri Pegandon”.
Kata kunci : Model Student Teams Achievment Divisions, Media Audiovisual, Hasil Belajar.
Dosen Pembimbing: | Jupriyanto, Jupriyanto and Sari, Yunita | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 07:23 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 07:23 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23423 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |