Abdullah, Naufal Maula (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI EKSPONEN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
cover.pdf |
![]() |
Text
abstrak.pdf |
![]() |
Text
daftar isi.pdf |
![]() |
Text
bab 1.pdf |
![]() |
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf |
![]() |
Text
lampiran.pdf |
![]() |
Text
34201400225_fullpdf.pdf |
Abstract
Pada masa pandemi Covid-19 sistem pembelajaran tatap muka di SMK
Muhammadiyah Undaan Kudus dirubah menjadi pembelajaran dari rumah dengan
metode daring sesuai dengan peraturan Kemendikbud tentang upaya pencegahan
wabah corona virus. Permasalahan tersebut, perlu adanya inovasi pembelajaran
yang dapat membantu kemandirian siswa pada pembelajaran matematika.Salah
satunya yaitu dengan pembelajaran E-Learning berbantuan Google Classroom.
Google Classroom juga memudahkan guru dalam mengontrol perkembangan
siswa dan proes penilaian tugas secara paperless. Tujuan penelitian ini adalah
menganalisis pengaruh kemandirian belajar pada pembelajaran matematika
dengan menggunakan google classroom terhadap kemampuan pemecahan
masalah dalam materi eksponen pada siswa kelas X TAV SMK Muhammadiyah
Undaan Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-experimental dengan
bentuk nonequivalent control group design.Populasinya adalah siswa kelas X
TAV SMK Muhammadiyah Undaan Kudus. Pemilihan sampling dalam penelitian
ini adalah dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui
metode tes dan angket. Metode analasis data menggunakan analisis regresi
sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji regresi diperoleh hasil sebesar
16,051 dengan signifikansi 0,000. Dari hasil penghitungan tersebut dapat
diketahui bahwa 16,051 > 2,04841 atau thitung > ttabel dan 0,000 < 0,005 atau nilai
signifikansi < 0,005. Jadi terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa pada
pembelajaran berbasis google classroom terhadap kemampuan pemecahan
masalah eksponen, sehingga Ha diterima. Nilai R Square sebesar 0,905 yang
mengandung arti bahwa 90,5% variasi besarnya variabel kemampuan pemecahan
masalah eksponen bisa dijelaskan oleh variasi variabel kemandirian belajar siswa
dengan menggunakan google classroom. Simpulan penelitian ini adalah bahwa
kemandirian belajar dengan menggunakan google classroom mempunyai
hubungan dan berpengaruh positif terhadap terhadap kemampuan pemecahan
masalah eksponen siswa.
Kata kunci: kemandirian belajar, Google classroom, materi eksponen
Dosen Pembimbing: | Basir, Mochamad Abdul and Kusmaryono, Imam | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 07:28 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 07:28 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23333 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |