PURVITASARI, SISKA (2021) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI SD NEGERI SEMBUNGHARJO 02 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
COVER.pdf |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf |
![]() |
Text
BAB I.pdf |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf |
![]() |
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
S1 Tarbiyah_31501700109_fullpdf.pdf |
Abstract
Kompetensi kepribadian ialah modal utama guru pendidikan agama Islam untuk mengelola, membina akhlak peserta didik serta sebagai salah satu tercapainya tujuan pendidikan Islam yaitu menjadikan manusia yang berakhlak mulia. Guru adalah seseorang yang menjadi panutan untuk “digugu” (diikuti nasehat, perkataan, arahanya) dan “ditiru” (dicontoh watak dan perilakunya). Penulisan skripsi ini mencoba menjawab rumusan masalah tentang bagaimana kompetensi guru PAI dalam membina akhlak peserta didik dan upaya upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di SD Negeri Sembungharjo 02 Semarang. Tujuan penulisan skripsi ini ialah untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam dan untuk mengetahui upaya-upaya guru pendidikan agama islam dalam membina akhlak peserta didik di SD Negeri Sembungharjo 02 Semarang. Penulis dalam melaksanakan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penulis mengumpulkan data penelitian dengan menggunakan metode wawancara dan observasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam di SD Negeri Sembungharjo 02 meliputi kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, berwibawa, arif dan berakhlak mulia termasuk dalam kategori baik dengan dibuktikan dengan hasil analisis penulis mengenai aspek tersebut. Upaya-upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam di SD Negeri Sembungharjo 02 Semarang dalam membina akhlak yaitu meliputi keteladanan, perumpamaan, motivasi, metode kisah-kisah, pembiasaan, dan ganjaran berlangsung kurang baik karena kurangnya pengawasan.
Kata kunci : kompetensi kepribadian, membina akhlak
Dosen Pembimbing: | Makshun, Toha and Muflihin, Ahmad | nidn0628028202, nidn0612049002 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 02:50 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 02:50 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22921 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |