Putri, Alicia Aurilly Soeharjo (2021) KONTRIBUSI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 PECANGAAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
| 
              
Text
 COVER.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 DAFTAR ISI.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 ABSTRAK.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 BAB I.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 BAB II.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 BAB III.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 BAB V.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 DAFTAR PUSTAKA.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 LAMPIRAN.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 S1 Tarbiyah_31501700028_fullpdf.pdf  | 
          
Abstract
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan setiap orang, dan setiap orang berhak atas pendidikan. Di dalam lembaga pendidikan tidak lepas dari peran supervisor dalam mengawasi, membimbing, melatih, melatih dan mengevaluasi kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran dan proses pembelajaran. Oleh karena itu, kontribusi supervisor sangat penting dalam lembaga pendidikan, serta dengan adanya supervisi pendidikan, dapat memberikan pembinaan dan evaluasi kinerja mengajar guru. Untuk itu penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran pendidikan agama Islam dan untuk mendeskripsikan kontribusi supervisor pendidikan.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Adapun sumber data dalam skripsi ini berjenis dari data primer dan data sekunder. Metode prngumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Pecangaan sudah sesuai dengan harapan, hal ini tercermin dari proses pembelajaran dan hasil belajar, salah satunya adalah kebiasaan ibadah yang akan menjadi karakter siswa yang lebih baik. (2) Peran supervisor sangat penting untuk pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Pecangaan diantaranya pengawas sekolah selalu memberikan pelatihan dan bimbingan dalam bentuk individu maupun klasikal, kepala sekolah langsung menjadi supervisor pembelajaran pendidikan Agama Islam, dengan membimbing dan mengajar guru dalam sistem kekeluargaan.
Kata Kunci : Supervisor, Pendidikan, Pembelajaran PAI.
| Dosen Pembimbing: | Tjahyono, Ali Bowo and Muflihin, Ahmad | nidn0615075804, nidn0612049002 | 
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | 
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)  | 
        
| Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA | 
| Date Deposited: | 08 Jun 2022 08:06 | 
| Last Modified: | 08 Jun 2022 08:06 | 
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22826 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
