Maulidiana, Lily Nafilatul (2021) PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF DIGITAL “E-MOSI” (ELEKTRONIK MODUL PUISI) BAGI SISWA KELAS IV SD KEMALA BHAYANGKARI 02. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

| Download (656kB)
[thumbnail of PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (145kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

| Download (560kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

| Download (664kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (817kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (932kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (547kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Download (660kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

| Download (3MB)

Abstract

Maulidiana, Lily Nafilatul. 2021. Pengembangan Modul Interaktif Digital “E-MOSI” (Elektronik Modul Puisi) bagi Siswa Kelas IV SD Kemala Bhayangkari 02. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I Anadarini Permata C., S.Pd. M.Pd. Pembimbing II Yulina Ismiyanti, S.Pd. M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul elektronik pada materi puisi kelas IV serta mengetahui kelayakan dan kepraktisannya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya memahami mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi puisi serta kurangnya alternatif bahan ajar yang digunakan. Keterbaruan pada bahan ajar ini berupa modul yang dapat diakses dengan menggunakan gadget maupun laptop serta kelengkapan materi didukung adanya audio maupun video pembelajaran.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengguanakan metode research and development Prof. Dr. Sugiyono yakni terdapat 10 langkah pengembangan (Potensi dan masalah, Mengumpulkan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk, Uji Coba Pemakaian, Revisi Produk, dan Produksi Masal). Berdasarkan 10 langkah tersebut pengembangan modul interaktif digital “E-MOSI” dihasilkan kelayakan oleh ketiga validator yakni 85,7% dengan kriteria sangat layak. Presentase kepraktisan dari uji coba kelompok kecil 86% oleh respon guru dan 94% oleh respon peserta didik, sedangkan uji coba kelompok besar mengahsilkan 92% respon guru dan 87,8% respon peserta didik. Hasil uji coba juga dihitung dengan menggunaka uji t dengan hasil Ha diterima yakni terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan “E-MOSI”.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan modul interaktif digital “E-MOSI” (Elektronik Modul Puisi) bagi Siswa Kelas IV SD Kemala Bhayangkari 02 memenuhi kriterian kelayakan “Sangat Layak” dan kepraktisa dengan kategori “Tinggi”.

Kata Kunci: modul interaktif, elektronik modul, puisi

Dosen Pembimbing: Cahyaningtyas, Andarini Permata and Ismiyanti, Yulina | nidn0631018903, nidn0614079001
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:32
Last Modified: 12 Jan 2022 03:32
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21555

Actions (login required)

View Item View Item