Andari, M. Akhsan (2021) IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 ARUT SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

| Download (441kB)
[thumbnail of PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (161kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

| Download (419kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

| Download (719kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (751kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (951kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (674kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (400kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Download (425kB)

Abstract

M. Akhsan Andari : 2021. Implementasi Metode Problem Solving dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Arut Selatan.
Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam. Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Kata Kunci : Implementasi, metode Problem Solving, pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Pendidikan adalah usaha yang secara sengaja dari orang tua yang selalu diberikan mampu menimbulkan tanggungjawab moral dari segala perbuatannya. (Muhibbin, 2007) yang dimaksud orang tua tersebut adalah orang tua anak itu atau orang yang memiliki kewajiban dalam mendidik, seperti guru, ustadz, pendeta dan kyai. Pendidikan akan memberikan dampak positif bagi para generasi muda dan pendidikan akan menyiapkan dan menciptakan generasi yang baik bagi Negaranya. Maka dari itu pendidik harus membutuhkan ketekunan, keuletan dan kesabaran didalam mengajarnya.

Pembelajaran dengan problem solving ini dimaksud agar peserta didik dapat menggunakan pemikiran (rasio) seluas-luasnya sampai titik maksimal dari daya tangkapnya. Sehingga peserta didik terlatih untuk terus berfikir dengan menggunakan kemampuan berfikirnya.
Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah, 1) Bagaimana perencanaan Implementasi Metode Problem Solving dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Arut Selatan, 2) Bagaimana pelaksanaan Implementasi Metode Problem Solving dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Arut Selatan, 3) Bagaimana Evaluasi Implementasi Metode Problem Solving dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Arut Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian wawancara, observasi dan dokumentas.
Berdasarkan observasi peneliti pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di SMPN 2 Arut Selatan pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan metode problem solving mendapatkan hasil yaitu menunjukkan dampak yang positif dan negatif. Terbukti dari hasil wawancara peneliti dengan guru mata pelajaran PAI dan beberapa siswa SMPN 2 Arut Selatan yang mengatakan bahwa dampak positif dari penggunaan metode problem solving ini sangat mendukung belajarnya seorang siswa, dan memberi semangat siswa langsung dari orang tua nya, sedangkan dampak negatifnya, hal ini dinyatakan oleh Bapak Abdul Muis, S. Ag selaku guru PAIyaitu dengan banyaknya siswa yang tidak mengikuti pembelajaran, banyak yang tidak mengerjakan tugas dan mengerjakan ulangan harian atau kuis dengan asal-asalan.

Dosen Pembimbing: Sauri, Supian and Farhan, Mohamad | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:29
Last Modified: 12 Jan 2022 03:29
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21481

Actions (login required)

View Item View Item