Qamara Putri, Maulia (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA TRANSAKSI ELEKTRONIK (E-COMMERCE) BERDASARKAN UNDANG – UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 (Studi Kasus Pada Aplikasi Sistem Pembayaran Go-Pay PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
![]() |
Text
cover.pdf |
![]() |
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
abstrak.pdf |
![]() |
Text
daftar isi.pdf |
![]() |
Text
bab 1.pdf |
![]() |
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf |
![]() |
Text
lampiran.pdf |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang perlindungan hukum terhadap
konsumen pengguna transaksi elektronik (e-commerce) yang berdasarkan
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 pada studi kasus aplikasi sistem
pembayaran Go-Pay PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui mengenai apakah Undang-Undang Perlindungan Konsumen
serta Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik telah mampu
melindungi kepentingan konsumen dan untuk mengetahui bagaimana tanggung
jawab perusahaan Go-Jek Indonesia terkait hilangnya saldo secara tiba-tiba
sebagai akibat dari penggunaan fitur sistem pembayaran Go-Pay.
Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif. Pendekatan
penelitian ini menggunakan pendekatan yang dilakukan berdasarkan bahan hukum
utama dengan cara menelaah teori-teori, konsep-konsep, asas-asas hukum, serta
peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan penelitian ini. Prosedur
pengumpulan bahan hukum yang digunakan yaitu studi kasus kepustakaan, yakni
dengan menggunakan dan mempelajari buku-buku, peraturan perundangundangan,
dan
dokumen-dokumen
lain
yang
berkaitan
dengan
penelitian
ini.
Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan simpulan pertama yaitu UUPK
dan UU ITE telah mampu memberikan perlindungan konsumen dari pihak pelaku
usaha. Apabila terdapat suatu pelanggaran khususnya pada kegiatan transaksi
elektronik terhadap hak-hak dan kewajiban baik dari pelaku usaha maupun
konsumen maka UUPK telah menyediakan beberapa jalan penyelesaian.
Keadilan, kepastian hukum, dan kemanfaatan dapat terwujud guna perlindungan
terhadap konsumen. Simpulan kedua yaitu, pihak perusahaan Go-Jek Indonesia
melakukan penyelesaian masalah dengan melalui jalan musyawarah dan
bertanggung jawab dengan memberikan ganti rugi yang diberikan kepada
konsumen yang mengalami kerugian atas penggunaan fitur Go-Pay pada aplikasi
Go-Jek yaitu berupa pengembalian sejumlah saldo konsumen yang hilang.
Kata Kunci : perlindungan konsumen, transaksi elektronik, Go-Pay
Dosen Pembimbing: | Winanto, Winanto | nidn0618056502 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Mahasiswa FH - Skripsi Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 03:12 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 03:12 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |