MASRURIN, WAKHID (2020) ANALISIS UJI LAIK FUNGSI JALAN DITINJAU DARI ASPEK TEKNIS (STUDI KASUS RUAS JALAN UNGARAN – BAWEN KM 22+450 – KM 33+850). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

| Download (689kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

| Download (183kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

| Download (107kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

| Download (103kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

| Download (192kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (327kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (333kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (182kB)
[thumbnail of publikasi.pdf] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (6MB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (1MB)

Abstract

Jalan nasional Ungaran-Bawen merupakan salah satu jalan Arteri Primer yang berfungsi sebagai poros utama yang menghubungkan antar pusat kegiatan nasional di Provinsi Jawa Tengah. Sebagai salah satu prasarana transportasi yang memegang peranan penting dalam kegiatan sehari-hari, jalan yang melayani kepentingan umum harus laik fungsi karena berkaitan dengan penjaminan kepastian keselamatan dan keamanan bagi penggunanya.
Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui apakah Jalan Ungaran-Bawen telah memenuhi syarat Laik Fungsi Jalan sehingga memenuhi persyaratan teknis kelaikan untuk memberikan keselamatan bagi penggunanya serta menentukan kategori Laik Fungsi Jalan. Adapun metodologi penelitian ini dilakukan dengan berpedoman kepada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 11/PRT/M/2010 Tentang Tata Cara dan Persyaratan Laik Fungsi Jalan.
Dari hasil survei Uji Laik Fungsi Jalan dengan menggunakan metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK), Nilai Batas Kontrol Atas (BKA) dan Metode Upper Control Limit (UCL) didapatkan lokasi daerah rawan kecelakaan (Black Site) di segmen 2 KM 25+300 – KM 28+150 sedangkan lokasi yang sering terjadinya kecelakaan (black spot) di KM 25+300 – KM 26+013, sedangkan status jalan kategori Laik Fungsi (LF) pada Segmen I, III, dan IV sedangkan status jalan kategori Laik Fungsi Bersyarat (LS) didapat pada Segmen II. Rekomendasi terhadap kondisi jalan Laik Fungsi berupa Pemeliharaan Rutin sedangkan pada kondisi jalan yang Laik Fungsi Bersyarat direkomendasikan Pemeliharaan Rutin dan menambahkan rambu dan petunjuk keselamatan jalan.

Kata Kunci : Keselamatan Jalan, Daerah Rawan Kecelakaan, Laik Fungsi Jalan

Dosen Pembimbing: Mudiyono, Rachmat and Sumirin, Sumirin | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:43
Last Modified: 21 Oct 2021 07:43
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20544

Actions (login required)

View Item View Item