FITRIANA, EVA (2020) PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI MA HIDAYATUL MUBTADI’IN SAYUNG DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

| Download (747kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

| Download (313kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

| Download (217kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

| Download (425kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (380kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (442kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (290kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (409kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Download (215kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (77kB)

Abstract

Pengembangan kurikulum merupakan bagian terpenting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Pengembangan kurikulum ini sangatlah penting untuk meningkatkan keberhasilan sistem pendidikan secara menyeluruh karena kurikulum merupakan faktor peningkat mutu pendidikan. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan juga teknologi pemerintah selalu melakukan berbagai pembenahan serta upaya dan perbaikan kurikulum atau materi dalam program pendidikan. Pengembangan Kurikulum PAI di MA Hidayatul Mubtadi’in Sayung Demak menggunakan (KMA) Nomor 165 Tahun 2014 dan Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab sesuai dengan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Adapun tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui pengembangan kurikulum PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di MA Hidayatul Mubtadi’in. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan metode analisis reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. yang terlibat dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum adalah: (a) Pengawas madrasah (b) Komite (c) Kepala sekolah (d) Guru sebagai pendorong pembelajaran, pembimbing. Proses pembelajaran mengacu pada RPP yang telah dibuat oleh para guru, faktor pendukung terlaksananya kurikulum PAI di MA Hidayatul Mubtadi’in adalah guru yang profesional yang didukung dengan seperangkat pembelajaran, media, sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambat yaitu: adanya perbedaan daya serap peserta didik, pemahaman sebagian guru tentang kurikulum masih kurang, kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya buku pegangan.

Kata Kunci: pengembangan, kurikulum PAI, kualitas pembelajaran.

Dosen Pembimbing: TJAHJONO, ALI BOWO and MAKHSHUN, TOHA | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Apr 2021 07:14
Last Modified: 12 Apr 2021 07:14
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19424

Actions (login required)

View Item View Item