Nertasari, Wahyu Fitri (2020) PENGEMBANGAN MEDIA “MATH SEED BOARD” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DAN SIKAP MANDIRI SISWA KELAS 3 SD NEGERI KEDALINGAN 02. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
cover.pdf |
![]() |
Text
daftar isi.pdf |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf |
![]() |
Text
lampiran.pdf |
![]() |
Text
abstrak.pdf |
![]() |
Text
bab I.pdf |
![]() |
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab II.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab III.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab IV.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab V.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian pengembangan ini untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan dari produk media pembelajaran “Math Seed Board” pada mata pembelajaran Matematika pembagian sebagai pengurangan berulang. Produk media pembelajaran “Math Seed Board” ini dikembangkan berdasarkan kebutuhan siswa dan guru. Guru belum menggunakan media karena terkendala dalam penyampaian materi pada pembelajaran Matematika khususnya pembagian sebagai pengurangan berulang, sehingga kemampuan siswa dalam berhitung pembagian masih kurang. Siswa kesulitan dalam memahami konsep pembagian sebagai pengurangan berulang, dan tidak adanya media membuat siswa kurang memiliki kemandirian karena hanya bergantung pada guru. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah mengacu pada prosedur penelitian pengembangan menurut Sugiyono, dan diperoleh hasil penelitian antara lain: (1) hasil validasi dari 3 validator media dengan rata-rata 42,3 dan di intervalkan menjadi 4,23 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil validasi dari 2 validator instrumen soal tes memperoleh rata-rata 32 kemudian diintervalkan menjadi 4,57 demgan kriteria “Sangat Baik”. Hasil validasi dari 2 validator istrumen angket sikap mandiri memperoleh rata-rata 47,5 dan diintervalkan menjadi 4,75 dengan kriteria “Sangat Baik”. (2) hasil dari uji skala terbatas diperoleh respon 6 siswa dengan interval 4,77 dengan kriteria “Sangat Baik”, sedangkan hasil dari respon guru diperoleh interval 4,8 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil dari uji skala besar diperoleh respon 11 siswa dengan interval 4,92 dengan kriteria “Sangat Baik”, sedangkan hasil dari respon guru diperoleh interval 4,9 dengan kriteria “Sangat Baik”. (3) hasil dari peningkatan kemampuan berhitung siswa mencapai nilai 0,56 dengan interpretasi “Sedang”. (4) hasil dari peningkatan sikap mandiri siswa mencapai nilai 0,78 dengan interpretasi “Tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut maka pengembangan produk “Math Seed Board” dinyatakan layak, praktis, dan efektif untuk dijadikan media pembelajaran.
Kata kunci: Media pembelajaran, kemampuan berhitung, sikap mandiri
Dosen Pembimbing: | Yunita, Yunita and Nuhyal, Nuhyal | nidn0602068401, nidn0622128505 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 03:47 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 03:47 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19370 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |