Sukandar, Adila (2020) ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SMA KELAS X KURIKULUM 2013 REVISI 2017 TERBITAN KEMENDIKBUD RI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

| Download (644kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

| Download (38kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

| Download (10kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Download (226kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Publikasi.pdf] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (145kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

| Download (152kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (168kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (146kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (528kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (109kB)

Abstract

Penerapan pendidikan karakter mempengaruhi peserta didik sebagai generasi penerus bangsa. Pendidikan karakter saat ini merupakan keperluan yang sangat mendesak, dikarenakan kurangnya penerapan pendidikan karakter di dalam pembelajaran. Khususnya pada pembelajaran matematika. Oleh karena itu perlu dicari solusinya.Penelitian ini menggunakan buku teks matematika SMA kelas X kurikulum 2013 revisi 2017.
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis persentase muatan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku teks matematika peserta didik kelas X kurikulum 2013 revisi 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain analisis isi dan dokumen. Dokumen yang dianalisis berupa ringkasan materi, butir contoh soal, dan butir latihan soal untuk mengetahui seberapa besar persentase dari muatan nilai-nilai pendidikan karakter pada buku teks matematika SMA kelas X.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks ini hanya menerapkan sembilan nilai karakter yaitu nilai jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggungjawab. Dengan persentasi tertinggi 25% yaitu nilai rasa ingin tahu dan persentase terendah 1% yaitu nilai tanggungjawab. Artinya buku teks matematika SMA kelas X kurikulum 2013 revisi 2017 belum maksimal dalam menerapkan pendidikan karakter.

Kata Kunci: Pendidikan karakter, Buku Teks, Matematika

Dosen Pembimbing: Kusmaryono, Imam and Ubaidah, Nila | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:43
Last Modified: 15 Apr 2021 02:43
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18950

Actions (login required)

View Item View Item