Maharani, Diana (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PERKAPOINT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN MATEMATIKA KELAS II DI SDI DARUL HUDA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

| Download (363kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

| Download (239kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Download (407kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

| Download (4MB)
[thumbnail of Publikasi.pdf] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

| Download (368kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (438kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (568kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (985kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan pengembangan media pembelajaran komik perkapoint pada materi perkalian kelas II. Pelaksanaan pembelajaran yang konvensional dan hanya memanfaatkan buku siswa berdampak pada kurangnya pemahaman konsep siswa pada materi perkalian. Padahal siswa membutuhkan media pembelajaran yang dpat terlibat secara aktif dalam penemuan konsep berdasarkan pengalamannya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang layak, serta efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi perkalian. Penelitian ini merupakan Research and Development (R & D), dengan prosedur ADDIE meliputi lima tahapan analysis, design, develop, implement, dan evaluate. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran komik perkapoint memperoleh skor rata-rata 53 dengan persentase 88% dan termasuk dalam kriteria sangat layak. Nilai rata-rata siswa meningkat berdasarkan hasil pre-test dan post-test dengan hasil uji gain sebesar 0,63 menunjukkan media pembelajaran komik perkapoint dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan kriteria sedang.

Kata Kunci: media pembelajaran, komik, pemahaman konsep, perkalian.

Dosen Pembimbing: Fironika K., Rida and Afandi, Muhamad | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 09 Apr 2021 07:49
Last Modified: 09 Apr 2021 07:49
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18836

Actions (login required)

View Item View Item