ROHMAN, ROHMAN (2020) IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI SMP ISLAM AL BISYRI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Cover.pdf |
![]() |
Text
Daftar isi.pdf |
![]() |
Text
Daftar pustaka.pdf |
![]() |
Text
Lampiran.pdf |
![]() |
Text
Abstraksi.pdf |
![]() |
Text
Bab 1.pdf |
![]() |
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Metode drill merupakan salah satu metode kontemporer yang digunakan guru dalam proses pembelajaran yaitu dengan melatih peserta didik untuk memperoleh keterampilan dan ketangkasan dalam menerima pelajaran. Adapun metode drill diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di SMP Islam Al Bisyri untuk mempelajari pelajaran Al-Qur’an Hadits khususnya dalam membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an Hadits secara baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidahnya. Maka dari itu peneliti menarik judul penelitian yaitu “Implementasi Metode Drill dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di SMP Islam Al Bisyri”
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan metode drill dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di SMP Islam Al Bisyri Semarang, untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode drill dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di SMP Islam Al Bisyri Semarang, untuk mendeskripsikan evaluasi metode drill dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di SMP Islam Al Bisyri Semarang.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Reseach) yaitu penelitian kualitatif yang mengambil langsung data dan informasi berlatar belakang SMP Islam Al Bisyri Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan sekunder. Data Primer diperoleh dari kepala sekolah dan guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dan data sekunder diperoleh dari dokumentasi dari pihak tata usaha. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tiga tahap yaitu mereduksi data, menyajikan data dan memverifikasi data yang telah di dapat.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah meliputi: 1) Perencanaan metode drill di SMP Islam Al Bisyri sudah berjalan dengan baik, karena guru telah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar, 2) Pelaksanaan metode drill berjalan dengan baik dan sesuai dengan RPP yang telah disusun, 3) Evaluasi metode drill dapat dikatakan sudah baik, karena dengan menerapakan metode drill dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam melatih bacaan dan hafalan Al-Qur’an Hadits sesuai kaidahnya secara baik dan benar.
Dosen Pembimbing: | Tjahjono, Ali Bowo | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Mar 2021 07:01 |
Last Modified: | 16 Mar 2021 07:01 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18151 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |