AFHANI, ALFI MAULANA (2020) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (STUDI KASUS: UMKM Dua Jago). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

| Download (185kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

| Download (212kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

| Download (83kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of abstraksi.pdf] Text
abstraksi.pdf

| Download (162kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

| Download (100kB)
[thumbnail of publikasi.pdf] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (108kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (287kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (203kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (553kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (86kB)

Abstract

Pemasaran adalah suatu proses kegiatan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor sosial,
budaya, politik, ekonomi dan manajerial. Industri makanan semakin berkembang di
daerah Kabupaten Tegal. UMKM Dua Jago merupakan perusahaan yang bergerak di
bidang usaha makanan yaitu memproduksi kerupuk mie. Berdasarkan data penjualan
kerupuk mie UMKM Dua Jugo selama tahun 2018 mengalami penjualan yang tidak
stabil, hanya mencapai target sekali selama tahun 2018, yaitu bulan Mei. Tujuan
penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor – faktor yang mempengaruhi pemasaran
kerupuk mie serta menentukan strategi untuk meningkatkan pemasaran dari kerupuk mie
tersebut. Metode yang digunakan adalah SWOT dan QSPM. Hasil penelitian pada matrik
IFAS atau faktor internal terdapat 13 kekuatan dan 10 kelehaman dengan skor 3,53.
Sedangkan hasil matrik EFAS atau faktor eksternal terdiri dari 8 peluang dan 7 ancaman
dengan skor 3,68. Oleh karena itu, UMKM Dua Jago berada pada Sel 1 yaitu posisi
Growth. Dimana Strategi yang cocok adalah strategi intensif yang terdiri dari penetrasi
pasar, pengembangan pasar serta pengembangan produk. Sedangkan berdasarkan matrik
SWOT menghasilkan 9 strategi alternatif, dari kesembilan strategi tersebut berdasarkan
analisis QSPM yang menjadi strategi prioritas dalam meningkatkan pemasaran adalah
strategi memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk pemasaran dengan membuat
leaflet promosi dapat dilakukan di media sosial.
Kata Kunci: Keupuk mie, UMKM, Pemasaran, SWOT, QSPM

Dosen Pembimbing: Sukendar, Irwan and Mas'idah, Eli | nidn0005036501, nidn0615066601
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Mahasiswa FTI - Skripsi Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 16 Nov 2020 04:52
Last Modified: 16 Nov 2020 04:52
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18012

Actions (login required)

View Item View Item