Riadi, Bambang and Nugrahanto, Ghanadi (2014) Perencanaan dan Perancangan Tanggul dan Jalan Paving Block sebagai Bagian Sistem Polder Kampus Unissula. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

| Preview Download (11kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (39kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (52kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (37kB)

Abstract

Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) berlokasi di kawasan pesisir pantai utara kota Semarang, dimana sebagian wilayahnya hampir setiap tahun mengalami rob. Dengan adanya rob tersebut kampus UNISSULA terkena dampak, antara lain air rob masuk wilayah kampus sehingga kenyamanan bagi para pengguna kampus merasa terganggu.
Penanggulangan rob pada kawasan YBWSA dapat diatasi dengan adanya pembangunan tanggul yang mengelilingi wilayah tersebut. Dalam perencanaan suatu tanggul harus dilakukan suatu analisa kestabilan lereng yang aman dari longsor. Oleh karena itu harus dilakukan penyelidikan tanah untuk menentukan lapisan tanah dan parameternya, yang diperoleh dari hasil uji lapangan maupun laboratorium.
Pada konstruksi tanggul memiliki beberapa struktur timbunan yang bertujuan untuk menerima beban lalu lintas diatasnya. Pada masing-masing simulasi memiliki beberapa struktur antara lain adalah subgrade menggunakan tanah urug, lapisan pengisi menggunakan sirtu, lapis permukaan menggunakan pasir pengisi dengan tebal masing-masing simulasi berbeda.
Analisis dilakukan secara perhitungan konvensional dan menggunakan program komputer PLAXIS. Beban yang diperhitungkan adalah beban dari timbunan itu sendiri yaitu terdiri dari tiga lapis timbunan pada tiap simulasi tanggul dan beban kendaraan dengan berat 300 kN.
Setelah dilakukan dengan perhitungan PLAXIS 8.2 tiga simulasi timbunan tersebut dipilih salah satu simulasi yang kuat dan efisien. Analisis deformasi dan stabilitas tanggul aman terhadap longsor dengan deformasi yang terjadi -23,41 kN/m, deformasi akibat adanya beban timbunan sand = 254,88x10¯⁶ m, fill = 247,53x10¯⁶ m, tanah urug = 245,58x10¯⁶ m.

Kata kunci : Tanggul, Timbunan, Plaxis, Deformasi

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Mahasiswa FT - Skripsi Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2015 02:10
Last Modified: 17 Dec 2015 02:10
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item View Item