Wardhana, Chrisna Kurnia (2020) EFEKTIFITAS INTERPROFESSIONAL EDUCATION TERHADAP INTERPROFESSIONAL TEAMWORK Studi Implementasi IPE Modul Respirasi Pada Mahasiswa FK UNISSULA Angkatan Tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

| Download (883kB)
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

| Download (883kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

| Download (96kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

| Download (125kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

| Download (241kB)
[thumbnail of Publikasi.pdf] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (144kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

| Download (181kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (297kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (248kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (254kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (97kB)

Abstract

Seluruh profesi kesehatan harus saling bekerjasama untuk mewujudkan layanan kesehatan yang komprehensif agar diperoleh hasil layanan yang maksimal. Isu interpersonal antar profesi kesehatan lazim terjadi, untuk meminimalisirnya diperlukan pembelajaran interprofesi atau interprofessional education (IPE). Tujuan penelitian ini mengetahui peran IPE modul respirasi pada kompetensi teamwork mahasiswa kesehatan. Penelitian observasional analitik dengan pre-postest design.Tiga ratus empat puluh tiga mahasiswa kesehatan (183 dari kedokteran, 95 keperawatan, dan 65 farmasi) menjadi subjek penelitian ini. IPE dilakukan dengan cara mempertemukan mahasiswa ketiga prodi tersebut dalam satu kelompok pembelajaran IPE modul respirasi selama 5 hari dalam bentuk dua kali SGD dan dua kali skill lab. Kompetensi teamwork diukur melalui kuesioner Interprofessional Teamwork Evaluation sebelum dan sesudah mengikuti IPE.Perbedaan kompetensi kolaborasi dianalisis dengan uji Wilcoxon. Skor Interprofessional Teamwork Evaluation per domain dan keseluruhan pada prodi kedokteran, farmasi dan keperawatan tidak berbeda signifikan sebelum dan sesudah mengikuti IPE modul respirasi. IPE modul respirasi tidak berperan meningkatkan kompetensi teamwok mahasiswa prodi kedokteran, farmasi dan keperawatan.

Kata kunci: Interprofessional Education, Kompetensi Teamwork

Dosen Pembimbing: Lestari, Endang and Utami, Kamilia Dwi | nidn0602077101, UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Sep 2020 07:00
Last Modified: 15 Sep 2020 04:33
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17506

Actions (login required)

View Item View Item