ADNAN, MUHAMAD MA'MUN (2019) IMPLEMENTASI METODE USWAH (KETELADANAN) DALAM PEMBINAAN AKHLAQ SISWA DI SMPN 1 WARUNGPRING PEMALANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

| Download (858kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

| Download (215kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

| Download (290kB)
[thumbnail of publikasi.pdf] Text
publikasi.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of bab I.pdf] Text
bab I.pdf

| Download (365kB)
[thumbnail of bab II.pdf] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (354kB)
[thumbnail of bab III.pdf] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (275kB)
[thumbnail of bab IV.pdf] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (228kB)
[thumbnail of bab V.pdf] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (193kB)
[thumbnail of referensi.pdf] Text
referensi.pdf

| Download (103kB)

Abstract

Kata Kunci : Implementasi Metode Uswah atau Keteladanan Sesuai
dengan UU No.20 Tahun 2003 ditegaskan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah
mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya,
yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi
pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan memiliki kesehatan jasmani dan
rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan
dan kebangsaan. Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik kurang memahami
fungsi agama dalam kehidupan sehari-hari, beberapa peserta didik sudah menjalankan
ajaran Rosulluah SAW dengan baik ada juga peserta dididk yang sudah mengetahui
namun tidak mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi mengesampingkan
sesuatu yang berkaitan dengan sosial keagamaan, untuk dapat mengimplementasikan
masalah nilai-nilai keislaman. Internalisasi Nilai-nilai Keislaman pada siswa melalui
Metode Uswah ( Keteladanan ) diharapkan dapat menumbuhkan keimanan dan
ketaqwaan peserta didik dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
diskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Warungpring Pemalang
dari bulan Juni dan berakhir bulan Agustus 2019. Subyek penelitian adalah guru dan
siswa, informan dalam penelitian ini adalah Guru Agama, Kepala Sekolah, Guru BP dan
siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan yang dipakai
trianggulasi sumber. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan model
interaktif meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi Nilai-nilai keislaman pada
siswa dengan Metode Uswah ( Keteladanan ) di SMPN 1 Warungpring adalah sebagai
berikut: a) Sholat duhur berjama‟ah, b). Sholat duha, c). Berjabat tangan dan mengucap
salam, d) Tadarus sebelum pembelajaran dimulai, e) membaca Do‟a sebelum dan
sesudah belajar dan f) Pengumpulan dana sosial. pembiasaan yang diterapkan sebagai
upaya untuk menginternalisasikan nilai-nilai ajaran keislaman di SMPN 1 Warungpring
Pemalang baru sampai tahap transaksi nilai sehingga perlu upaya lain agar mencapai
tahap transinternalisasi nilai.

Dosen Pembimbing: Toha, Toha and Ali, Ali | nidn0628028202, nidn0615075804
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Mar 2020 06:44
Last Modified: 16 Mar 2020 06:44
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17329

Actions (login required)

View Item View Item