SAPUTRI, FATHONAH NOVIANI (2019) IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM MATA PELAJARAN PAI DI MA NAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG-DEMAK (STUDI KASUS DALAM PEMBELAJARAN SKI DI MANAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG-DEMAK). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
![]() |
Text
cover.pdf |
![]() |
Text
daftar isi.pdf |
![]() |
Text
publikasi.pdf |
![]() |
Text
abstrak.pdf |
![]() |
Text
bab I.pdf |
![]() |
Text
bab II.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab III.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab IV.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab V.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf |
![]() |
Text
lampiran.pdf |
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi peserta didik dengan
pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pendidikan adalah
upaya yang dapat mempercepat pengembangan potensi manusia untuk mampu
mengemban tugas yang di bebankan padanya, karena hanya manusia yang dapat
di didik dan mendidik. Metode pembelajaran sangat penting karena metode
menjadi sarana dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga peserta didik
dapat memahaminya. Tanpa metode yang tepat, maka suatu proses pembelajaran
tidak akan berlangsung secara efektif dan efisien. Bagaimana perencanaan
metode role playing dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Untuk
mendeskripsikan perencanaan metode role playing dalam pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam (SKI).
Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan Salah satu dari tiga mata pelajaran
yang harus di masukkan ke dalam kurikulum setiap lembaga pendidikan formal di
Indonesia. Tujuan pendidikan agama Islam identik dengan tujuan hidup setiap
orang muslim. Dengan demikian selama orang tersebut masih hidup, tujuan
pendidikan agama Islam harus diberikan. Materi dari pendidikan Islam, secara
garis besarnya mencakup aspek akidah, ibadah, dan akhlak. Sejarah yang
merupakan asal usul, silsilah atau kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi
di masa lampau. Tujuan pembelajaran sejarah kebudayaan Islam secara substansi
yang memiliki peran serta dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk
mengenal, memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam yang di dalamnya
terdapat nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan,
membentuk sikap, karakter dan kepribadian peserta didik. Role Playing atau
bermain peran adalah metode pembelajaran yang dapat diarahkan untuk
mengkreasikan peristiwa sejarah, dapat mengkreasi peristiwa-peristiwa yang
aktual, atau juga dapat dikaitkan dengan kejadian-kejadian yang mungkin akan
muncul pada masa yang mendatang. Perencanaan adalah kegiatan yang dapat di
lakukan sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Sehingga
sebelum pembelajaran di mulai, seorang guru terlebih dahulu untuk menyiapkan
rencana pembelajaran agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai.
Kata Kunci : Implementasi Metode Role Playing Dalam Mata Pelajaran PAI Pada
Pembelajaran SKI
Dosen Pembimbing: | Ali, Ali and Toha, Toha | nidn0615075804, nidn0628028202 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 06:43 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 06:43 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17328 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |