WAFIROH, UMI LAILATUL (2019) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP ISLAM TERPADU ASSHODIQIYAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
![]() |
Text
cover.pdf |
![]() |
Text
abstrak.pdf |
![]() |
Text
daftar isi.pdf |
![]() |
Text
publikasi.pdf |
![]() |
Text
bab I.pdf |
![]() |
Text
bab II.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab III.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab IV.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab V.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf |
![]() |
Text
lampiran.pdf |
Abstract
Guru Pendidikan Agama Islam sangat berperan penting dalam mewujudkan akhlak
mulia siswa dan juga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Karena seorang
guru memiliki tanggung jawab dalam proses belajar mengajar. Prestasi belajar
Pendidikan Agama Islam salah satunya bisa ditingkatkan melalui peningkatan
motivasi belajar. Karena didalam proses belajar motivasi belajar memegang peranan
yang sangat penting. Motivasi merupakan suatu dorongan kegiatan belajar agar
tercapai tujuan yang diharapkan.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti
adalah upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran
PAI siswa kelaas VIII di SMP Islam Terpadu Asshodiqiyah Semarang. Tujuan
dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam
meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelaas VIII di SMP
Islam Terpadu Asshodiqiyah Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Sumber data sekaligus informasi adalah guru PAI dan pihak-pihak yang terkait bila
diperlukan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa teknik dengan
observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data,
peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa sudah dilaksanakan dengan baik yaitu dengan
pembuatan RPP, pemberian feedback, penggunaan metode pembelajaran yang
bervariasi, antusias dalam belajar, pemberian hukuman, pemberian kompetisi. (2)
faktor-faktor yang mempengaruhi belajar ada dua, yaitu intrinsik dan ekstrinsik (3)
Motivasi belajar PAI siswa di SMP Islam Terpadu Asshodiqiyah semarang sudah
bagus, terbukti dengan antusias siswa dan minat belajar yang dimiliki siswa sudah
tinggi .
Kata Kunci : Guru PAI, Upaya Guru, Motivasi Belajar
Dosen Pembimbing: | Sarjuni, Sarjuni and Sholihah, Hidayatus | nidn0623066901, nidn0617038005 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 06:30 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 06:30 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17312 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |