WAFIROH, UMI LAILATUL (2019) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP ISLAM TERPADU ASSHODIQIYAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

| Download (674kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

| Download (199kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

| Download (336kB)
[thumbnail of publikasi.pdf] Text
publikasi.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of bab I.pdf] Text
bab I.pdf

| Download (356kB)
[thumbnail of bab II.pdf] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (592kB)
[thumbnail of bab III.pdf] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (472kB)
[thumbnail of bab IV.pdf] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (457kB)
[thumbnail of bab V.pdf] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (321kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

| Download (204kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf

| Download (828kB)

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam sangat berperan penting dalam mewujudkan akhlak
mulia siswa dan juga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Karena seorang
guru memiliki tanggung jawab dalam proses belajar mengajar. Prestasi belajar
Pendidikan Agama Islam salah satunya bisa ditingkatkan melalui peningkatan
motivasi belajar. Karena didalam proses belajar motivasi belajar memegang peranan
yang sangat penting. Motivasi merupakan suatu dorongan kegiatan belajar agar
tercapai tujuan yang diharapkan.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti
adalah upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran
PAI siswa kelaas VIII di SMP Islam Terpadu Asshodiqiyah Semarang. Tujuan
dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam
meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelaas VIII di SMP
Islam Terpadu Asshodiqiyah Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Sumber data sekaligus informasi adalah guru PAI dan pihak-pihak yang terkait bila
diperlukan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa teknik dengan
observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data,
peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa sudah dilaksanakan dengan baik yaitu dengan
pembuatan RPP, pemberian feedback, penggunaan metode pembelajaran yang
bervariasi, antusias dalam belajar, pemberian hukuman, pemberian kompetisi. (2)
faktor-faktor yang mempengaruhi belajar ada dua, yaitu intrinsik dan ekstrinsik (3)
Motivasi belajar PAI siswa di SMP Islam Terpadu Asshodiqiyah semarang sudah
bagus, terbukti dengan antusias siswa dan minat belajar yang dimiliki siswa sudah
tinggi .

Kata Kunci : Guru PAI, Upaya Guru, Motivasi Belajar

Dosen Pembimbing: Sarjuni, Sarjuni and Sholihah, Hidayatus | nidn0623066901, nidn0617038005
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Mar 2020 06:30
Last Modified: 16 Mar 2020 06:30
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17312

Actions (login required)

View Item View Item