MAHRUS, MUHAMMAD HASAN (2019) NILAI-NILAI ADAB PESERTA DIDIK DALAM KITAB ADABUL ALIM WAL MUTAALLIM DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MA SHOLAHUDIN DEMUNG WONOSALAM DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
![]() |
Text
cover.pdf |
![]() |
Text
abstrak.pdf |
![]() |
Text
daftar isi.pdf |
![]() |
Text
publikasi.pdf |
![]() |
Text
bab I.pdf |
![]() |
Text
bab II.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab III.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab IV.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab V.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf |
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan
potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Di zaman yang serba modern saat ini
kebanyakan diantara mereka hanya mengandalkan otak tanpa memperhatikan
masalah adab, akhlak dan moral, maka pendidikan karakter sangat berperan dalam
merubah pola fikir masyarakat yang lalai dalam masalah pendidikan. Dengan
adanya kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim yang di dalamnya terdapat kandunagan
nilai-nilai adab dalam mencetak anak didik memiliki peribadi yang baik dan
berakhlakul karimah sesuai dengan tujuan pendidikan islam.
Dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim peneliti menganalisis nilainilai
adab di dalamnya dan implementesinya dalam pembelajaran PAI di MA
Sholahudin. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1
)Bagaimana
nilai-nilai adab dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim Karya KH. Muhammad
Hasyim Asy’ari? 2
) Bagaimana implementasi nilai-nilai adab yang terkandung
dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim dalam pembelajaran PAI di MA
Sholahudin?
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitia lapangan
(field
research
) dan penelitian pustaka
(library research
). Sumber data yang digunakan
yaitu sumber data Primer dan skunder. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan
menghimpun data dari berbagai literatur, baik diperpustakaan maupun di tempattempat
lain.
Adapun
teknik
pengumpulan
data
menggunakan
penelitian
dokumen,
sedangkan
teknik analisis data mengguakan Content Analysis, dan upaya untuk
memeriksa keabsahan data dengan menggunakan teknik ketekunan pengamat,
teknik berdiskusi sesama teman dan pakar agama untuk memeriksa ihwal
penelitian ini.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa konsep adab dalam kitab Adabul
‘Alim wal Muta’allim karya KH. Muhammad Hasyim Asy’ari yaitu
(1
) Etika
seorang murid terhadap dirinya sendiri,
(2
) Etika seorang murid terhadap Guru,
(3) Etika seorang murid terhadap pelajaran
(4) Etika seorang murid terhadap
kitab. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter di dalam kitab tersebut adalah rasa
tanggung jawab, kedisiplinan, peduli, ketekunan, kejujuran, cerdas, beriman,
bertaqwa, inovatif, sehat, gigih, kerja keras, amanah, rela berkorban, rasa ingin
tahu. rasa hormat, berani mengambil resiko, adil. kedisiplinan, kritis, kreatif,
berempati, pantang menyerah, kerja keras, rasa kebangsaan, ramah, suka
menolong, saling menghargai, toleran, bersahabat, dan kooperatif.
Kata Kunci : Nilai adab dan Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim
Dosen Pembimbing: | Sarjuni, Sarjuni and Farhan, Moh. | nidn0623066901, nidn0605059002 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 10 Mar 2020 06:54 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 06:54 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |