NIKMAH, LAUNUN (2019) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 BONANG DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

| Download (32kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

| Download (89kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

| Download (126kB)
[thumbnail of publikasi.pdf] Text
publikasi.pdf

| Download (470kB)
[thumbnail of bab I.pdf] Text
bab I.pdf

| Download (201kB)
[thumbnail of bab II.pdf] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (616kB)
[thumbnail of bab III.pdf] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (318kB)
[thumbnail of bab IV.pdf] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (104kB)
[thumbnail of bab V.pdf] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (91kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

| Download (94kB)

Abstract

Kurikulum 2013 berusaha menyempurnakan penilaian yaitu penilaian
autentik. Penilaian autentik merupakan bentuk penilaian yang mencakup dalam
tiga aspek dalam penilaiannya yaitu sikap, pengetahuan, dan ketrampilan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan peserta didik dalam
proses belajar mengajar melalui penilaian yang berdasarkan pada aspek sikap,
pengetahuan dan ketrampilan, sehingga penilaian yang digunakan tidak
terpengaruh pada hal lain. Penelitian ini bertujuan.1 untuk mendiskripsikan
perencanaan penilaian autentik dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di
SMP Negeri 3 Bonang Demak. 2 Untuk mendiskripsikan pelaksanaan penilaian
autentik dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Bonang
Demak. 3 untuk mendiskripsikan pengolahan penilaian autentik dalam
pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Bonang Demak.
Penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif (field research) yaitu dengan
melihat atau kondisi yang ada dilapangan. Untuk memudahkan penelitian ini,
penulis menggunakan sumber data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan
data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan analisis kualitatif yaitu menggunakan tiga tahapan seperti
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian tentang implementasi penilaian autentik dalam
pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Bonang Demak. Teknik
dan instrumen penilaian autentik pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam
yaitu a.) aspek sikap, menggunakan teknik observasi, penilaian diri, penilaian
antar teman, dan penilaian jurnal. b.) aspek pengetahuan, menggunakan teknik tes
tertulis, tes lisan, dan penugasan. c.) aspek ketrampilan, menggunakan teknik tes
praktik, penilaian proyek, unjuk kerja dan penilaian portofolio. Hasil yang dicapai
pada peserta didik dengan penilaian autentik mata pelajaran pendidikan Agama
Islam mengalami peningkatan dari aspek sikap, pengetahuan, dan ketrampilan.
Maka peneliti menarik kesimpulan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 3 Bonang Demak dalam pelaksanaan penilaian autentik sudah baik dan
sudah cukup maksimal sesuai dengan perencanaan pembelajaran pendidikan
(RPP).

Kata kunci: Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam

Dosen Pembimbing: Toha, Toha and Ali, Ali | nidn0628028202, nidn0615075804
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 10 Mar 2020 06:37
Last Modified: 10 Mar 2020 06:37
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17279

Actions (login required)

View Item View Item