SUHUD, MUH ARWANI (2019) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS VIII MTS HASYIMIYAH BULU TUBAN. Doctoral thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
![]() |
Text
cover.pdf |
![]() |
Text
abstrak.pdf |
![]() |
Text
daftar isi.pdf |
![]() |
Text
publikasi.pdf |
![]() |
Text
bab I.pdf |
![]() |
Text
bab II.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab III.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab IV.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
bab V.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf |
Abstract
MTs Hasyimiyah Bulu Tuban tidak hanya mengedepankan ilmu pengetahuan
umun saja, namun pendidikan agama islam juga menjadi salah satu mata pelajaran
pokok bagi setiap siswa. Maka siswa dituntut untuk dapat memahami dan
mengusai materi yang berkaitan dengan pendidikan agama Islam.Pendidikan
Agama Islam adalah mata pelajaran yang wajib diajarkan dalam kurikulum
sekolah mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi.
Salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah Fiqh.Fiqh merupakan
materi yang paling sulit. Padahal materi tersebut tentang sholat, puasa, zakat,
pengurusan jenazah, haji, dan umroh. Dimana materi tersebut merupakan ajaran
Islam yang wajib bagi seluruh peserta didik. Mengingat banyaknya pembahasan
tantang fiqh, peneliti akan lebih fokus meneliti pada bab sujud syukur saja. Untuk
itu peneliti akan membahas tentang Implementasi Metode Demonstrasi Dalam
Pembelajaran Fiqh Materi Sujud Syukur Bagi Siswa Kelas VIII Di MTs
Hasyimiyah Bulu Tuban, Tahun Pelajaran 2018/2019.
Permasalahan dari penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode
demonstrasi dalam pembelajaran fiqh materi Sujud Syukur kelas VIII di MTs
Hasyimiyah Bulu Tuban? dan Apakah penerapan metode demonstrasi dapat
meningkatkan pemahaman dan meningkatkan hasil belajar siswa materi Sujud
Syukur kelas VIII di MTs Hasyimiyah Bulu Tuban? Oleh karena itu, tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dalam
pembelajaran fiqh materi Sujud Syukur kelas VIII di MTs Hasyimiyah Bulu
Tuban dan untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan
pemahaman dan meningkatkan hasil belajar siswa materi Sujud Syukur kelas VIII
di MTs Hasyimiyah Bulu Tuban. Adapun manfaat penelitian ini adalah untuk
mengembangkan khasanah pengetahuan di bidang pendidikan khususnya
mengenai pentingnya penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran dan
meningkatkan pemahaman belajar fiqh materi Sujud Syukur.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang
ditempuh secara bertahap. Subjek dalam penelitian ini adalah siwa kelas VIII MTs
Hasyimiyah Bulu Tuban. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan metode
demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Hal ini
dilihat dari hasil post test dari setiap siklus yaitu siklus I (56,52%) dan siklus II
(86,95%), juga tercapainya nilai siswa yang telah mencapai KKM.
Kata kunci: Metode Demonstrasi, Fiqih Materi Sujud Syukur, Siswa
Dosen Pembimbing: | Muhammad, Muhammad and Farhan, Moh. | nidn0623126401, nidn0605059002 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 10 Mar 2020 06:35 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 06:35 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |