Alwani, Muhammad (2019) PENGARUH ENDORSER KAESANG PANGAREP TERHADAP TINGKAT KESADARAN MEREK DAN MINAT MENGGUNAKAN APLIKASI MADHANG DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
![]() |
Text
COVER.pdf |
![]() |
Text
Publikasi.pdf |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf |
![]() |
Text
BAB I.pdf |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Persaingan bisnis startup digital sedang marak berkembang dengan menawarkan berbagai kemudahan. Madhang adalah salah satu start up yang turut bersaing meraup pangsa pasar di Kota Semarang. Iklan luar ruang dengan menggunakan Endorser Kaesang Pangarep menjadi strategi persaingan pasar aplikasi Madhang. Walaupun Kaesang adalah putra Presiden Joko Widodo yang berpengaruh di negara ini, akan tetapi iklan luar ruang dengan endorser Kaesang memiliki beberapa keterbatasan antara lain; hanya dilihat sepintas, khalayak penerima pesan yang tidak spesifik, dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Endorser Kaesang Pangarep terhadap tingkat kesadaran merek dan minat menggunakan aplikasi Madhang.id. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma positivisme dengan teori Brand Awareness dan AIDA. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan hasil berupa angka yang diolah menggunakan SPSS 25 dengan teknik pengujian uji validitas, uji realibilitas, dan analisis regresi linier sederhana. Seluruh data penelitian setiap variabel dalam penelitian ini sudah teruji valid dan reliabel dengan hipotesis yang dapat diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terbukti ada pengaruh Endorser Kaesang Pangarep terhadap tingkat kesadaran merek dan minat menggunakan aplikasi Madhang.id. hasil tersebut dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel, yakni 15,961 lebih besar dari 3,008. Secara parsial dalam Uji t variabel X terhadap Y1, t hitung > t tabel, dengan perhitungan 2,926 lebih besar dari 1,664 membuktikan bahwa Kaesang Pangarep sebagai Endorser Iklan memiliki pengaruh terhadap Tingkat Pengetahuan Merek Aplikasi Kuliner Madhang. Sesuai dengan teori Brand Awareness, apabila kesadaran terhadap perusahaan tinggi maka dapat membuat suatu perusahaan teringat dalam pikiran target audience. Sedangkan uji t variabel X terhadap Y2, t hitung > t tabel, yaitu 2,926 lebih besar dari 1,664 membuktikan bahwa bahwa Kaesang Pangarep sebagai Endorser Iklan memiliki pengaruh terhadap minat menggunakan aplikasi Madhang.id.
Kata kunci : Endorser, Kesadaran Merek, Minat Menggunakan Aplikasi
Dosen Pembimbing: | Mubarok, Mubarok and Adnjani, Made Dwi | nidn0601048102, nidn0621067101 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK) |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2020 06:30 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 06:30 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16013 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |