AJI, RIZKY ASVIANTO (2019) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN BIDAN TENTANG PELAYANAN KIA DENGAN PERILAKU PELAYANAN KIA Studi Observasional di Puskesmas Kota Semarang Tahun 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

| Download (9kB)
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Daftarisi.pdf] Text
Daftarisi.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of pernyataan_publikasi.pdf] Text
pernyataan_publikasi.pdf

| Download (125kB)
[thumbnail of babI.pdf] Text
babI.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of babIII.pdf] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (1MB)
[thumbnail of babII.pdf] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (5MB)
[thumbnail of babV.pdf] Text
babV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (153kB)
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf] Text
daftar_pustaka.pdf

| Download (792kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of babIV.pdf] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (5MB)

Abstract

Masalah Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Hal ini dikarenakan angka kematian ibu dan angka kematian bayi yang ada di Indonesia yang masih tinggi. Pelayanan KIA yang dilakukan harus didukung dengan pengetahuan yang baik sehingga standar pelayanan dapat dilakukan secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan bidan tentang pelayanan KIA dengan perilaku dalam pelayanan KIA di Puskesmas Kota Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Penelitian ini menggunakan sampel 30 bidan yang melakukan pelayanan KIA (ANC sampai pelayanan balita) pada bulan Februari 2019 di 5 puskesmas yang menjadi lokasi penelitian. Pengetahuan dan perilaku pelayanan diukur menggunakan kuesioner dari PERMENKES 2018. Data di analisis dengan rank spearman.
Tidak terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan bidan dalam pelayanan KIA dengan perilaku bidan dalam pelayanan KIA dengan nilai p=0,613 rerata skor pengetahuan 79,73 ±3,74 dan rerata skor perilaku pelayanan bidan dengan rerata skor 70,43 ±12,24.
Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara pengetahuan bidan tentang pelayanan KIA dengan perilaku dalam pelayanan KIA di Puskesmas Kota Semarang

Kata kunci :pengetahuan, perilaku pelayanan, bidan, KIA.

Dosen Pembimbing: Ratnawati, Ratnawati and Yuliyanti, Suryani | nidn0618087802, nidn0601078203
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2020 06:14
Last Modified: 07 Jan 2020 06:14
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14442

Actions (login required)

View Item View Item