NADHIROH, ULFATUN NAILI (2019) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ASSIRAJIYYAH DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

| Download (10kB)
[thumbnail of Publikasi.pdf] Text
Publikasi.pdf

| Download (341kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

| Download (424kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

| Download (199kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

| Download (219kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (473kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (367kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (235kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (189kB)

Abstract

Kegiatan supervisi pendidikan merupakan kegiatan yang sangat penting untuk diterapkan di sekolah. Secara transendental kepala sekolah sebagai supervisor merupakan seseorang yang melakukan pengawasan dan memberikan bantuan terhadap kinerja guru dalam upaya meningkatkan proses pembelajaran agar sesuai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Assirajiyyah Demak. 2) Faktor-faktor pendukung dan
penghambat peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Assirajiyyah Demak. Dari hasil penelitian, kepala sekolah dalam melaksanakan perannya sebagai supervisor dalam
meningkatkan kinerja guru pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Assirajiyah Demak telah baik. Kepala sekolah sebagai supervisor telah melaksanakan tugasnya dengan semaksimal mungkin dalam mengawasi, mengendalikan, membina, dan
mengarahkan guru PAI dalam melaksanakan kegiatan akademik. Dalam melaksanakan kegiatan supervisi, hambatan-hambatan yang dialami kepala sekolah, yaitu kesibukan kepala sekolah, baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah, kesibukan guru PAI, serta guru PAI yang belum siap disupervisi. Sedangkan faktor-faktor pendukung dalam pelaksanaan supervisi kepala sekolah, yaitu kesadaran kepala sekolah dalam menjalankan peran dan tanggung jawabnya, dan komunikasi antara kepala sekolah, guru dan karyawan.

Kata Kunci : Kepala Sekolah, Supervisor, Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (PAI)

Dosen Pembimbing: Sholeh, M. Muhtar Arifin and Makhshun, Toha | nidn0623126401, nidn0628028202
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2019 06:34
Last Modified: 30 Dec 2019 06:34
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14311

Actions (login required)

View Item View Item