ISTIQOMAH, NENENG (2019) EFEKTIVITAS METODE ACTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS DI MA.THORIQOTUL ULUM PATI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

| Download (111kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

| Download (14kB)
[thumbnail of Publikasi.pdf] Text
Publikasi.pdf

| Download (514kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

| Download (300kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

| Download (21kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

| Download (548kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

| Download (90kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (130kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (159kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (111kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (15kB)

Abstract

Metode active learning memberdayakan peserta didik agar mampu belajar secara aktif, tidak hanya pasif mendengarkan ceramah dari guru saja. Penggunaan metode active learning diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peseta didik pada mata pelajaran al-Quran Hadis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah efektif atau tidak penggunaan metode active learning terhadap hasil belajar al-Quran Hadis di MA. Thoriqotul Ulum Pati. Jenis penelitian kuantitatif
dengan metode pengumpulan data, observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan data penelitian diketahui penggunaan metode active learning tergolong baik dengan mean sebesar 82,9. Hasil belajar alQuran Hadis yang diperoleh dari nilai raport tergolong cukup baik dengan mean sebesar 85,3. Efektivitas metode active learning terhadap hasil belajar al-Quran Hadis dikatakan sangat rendah,
hanya sebesar 1,69% dengan nilai rxy = 0,130. Hasil dari pengolahan data diperoleh bahwa r hitung < (0,130 < 0,361. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode active learning tidak efektif terhadap hasil belajar al-Quran Hadis di MA. Thoriqotul Ulum Pati.

Kata Kunci : metode active learning, hasil belajar, al-Quran Hadis

Dosen Pembimbing: Sholeh, M. Muhtar Arifin and Farhan, Mohammad | nidn0623126401, nidn0605059002
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Dec 2019 06:29
Last Modified: 27 Dec 2019 06:29
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14245

Actions (login required)

View Item View Item