SYAHIDAH, ISNA AMALIA (2019) HUBUNGAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KUDUS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

| Download (192kB)
[thumbnail of Publikasi.pdf] Text
Publikasi.pdf

| Download (244kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

| Download (29kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

| Download (229kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

| Download (550kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (496kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (506kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (239kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (292kB)

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui pembelajaran Aqidah Akhlak peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus, 2) Untuk mengetahui sikap sosial peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus, 3) Untuk mengetahui hubungan pembelajaran Aqidah Akhlak dan sikap sosial peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus dengan jumlah 379 peserta didik, teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik simple random sampling atau pengambilan sampel acak sederhana, dengan rumus Suharsimi Arikunto sehingga diperoleh sampel sejumlah 38 peserta didik. Teknik pengumpulan data mengggunakan metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan pada 38 peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus. Metode analisis data meliputi analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis dengan menggunakan korelasi Pearson Product Moment Corellation, serta analisis lanjutan. Hasil penelitian : 1) Pembelajaran Aqidah Akhlak peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus dapat dikategorikan baik dengan nilai rata-rata hasil skala pembelajaran Aqidah Akhlak sebesar 70 dengan jumlah frekuensi 16 yang berada dalam interval 67-73 dengan kategori tinggi, dengan prosentase 42,10 %, 2) Sikap sosial peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus dapat dikategorikan baik dengan nilai rata-rata hasil skala pembelajaran Aqidah Akhlak sebesar 69 dengan jumlah frekuensi 14 yang berada dalam interval 66-72 dengan kategori tinggi, dengan prosentase 36,84 %, 3) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara dua variabel tersebut, berdasarkan hasil analisis peneliti menggunakan korelasi product moment, hubungan antara pembelajaran Aqidah Akhlak dan sikap sosial peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus. Sehingga dapat diketahui “r” hasil = 0,875 sedangkan koefisien korelasi pada “r” table = 0,329 pada taraf signifikan 5% (0,05) karena koefisien, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak sedangkan hipotesis kerja (Ha) diterima, berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara
variabel X dengan variabel Y. Dengan demikian, terdapat hubungan antara pembelajaran Aqidah Akhlak dan sikap sosial peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri
1 Kudus.

Kata kunci : Pembelajaran Aqidah Akhlak, Sikap Sosial

Dosen Pembimbing: Sarjuni, Sarjuni and Farhan, Mohammad | nidn0623066901, nidn0605059002
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2019 06:44
Last Modified: 26 Dec 2019 06:44
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14232

Actions (login required)

View Item View Item