FAIZAH, IMROATUN (2019) PENGARUH VARIASI MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
![]() |
Text
Cover.pdf |
![]() |
Text
Abstrak.pdf |
![]() |
Text
Publikasi.pdf |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf |
![]() |
Text
Lampiran.pdf |
![]() |
Text
Bab I.pdf |
![]() |
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas X di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Penelitian ini menggunkan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang yang berjumlah 358 orang terdiri atas 11 kelas. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Dari ke sebelas kelas tersebut diundi untuk menentukan kelas sampel. Berdasarkan hasil undian diperoleh hasil kelas X MIPA 4, 6 dan X IPS 1 sebagai kelas sampel. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data pada penelitian ini ada tiga yaitu yang pertama, analisis pendahuluan yang dilakukan dengan menyebarkan angket kepada peserta didik dengan memberikan bobot nilai pada setiap item pertanyaan yang telah dijawab oleh responden. Kedua, analisis uji hipotesis
yang digunakan peneliti adalah teknik regresi linier sederhana dengan menggunakan alat bantu program SPSS. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh nilai f hitung sebesar 150,355 sedangkan nilai f tabel dari df1= 1 dan df2= 88 maka didapatkan f tabel 3,95. Karena nilai f hitung
150,355 > nilai f tabel sebesar 3,95, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh positif antara variasi mengajar guru dengan motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas X di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Ketiga, analisis lanjutan yaitu pengolahan lebih lanjut dari hasil hipotesis, berdasarkan hasil uji hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variasi mengajar guru dengan motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas X
di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang.
Kata Kunci : Variasi Mengajar Guru dan Motivasi Belajar
Dosen Pembimbing: | Sholeh, M. Muhtar Arifin and Sholihah, Hidayatus | nidn0623126401, nidn0617038005 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 06:38 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 06:38 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14225 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |