SISKAWATI, AYUANA ELISA (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PAI KELAS XI DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 01 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
| 
              
Text
 Abstrak.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 Cover.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 Publikasi.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 Daftar Isi.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 Daftar Pustaka.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 Lampiran.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 Bab I.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 Bab II.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 Bab III.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 Bab IV.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 Bab V.pdf Restricted to Registered users only  | 
          
Abstract
Kompetensi pedagogik merupakan pemahaman guru terhadap anak didik, perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan anak didik untuk mengaktualisasikan sebagai potensi yang dimilikinya terlebih dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dalam proses pembelajaran, kompetensi yang dimiliki oleh guru salah satunya kompetensi pedagogik memiliki peranan yang sangat penting untuk mengetahui pencapaian hasil pembelajaran dapat tercapai dengan optimal. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik terhadap keberhasilan belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI Kelas XI di SMA Islam Sultan Agung 01 Semarang. Rumusan masalah pada penelitian ini berbunyi: Bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI dalam mata pelajaran PAI Kelas XI di SMA Islam Sultan Agung 01 Semarang? Bagaimana keberhasilan belajar peserta didik Kelas XI di SMA Islam Sultan Agung 01 Semarang? Adakah pengaruh kompetensi pedagogic terhadap keberhasilan belajar peserta didik Kelas XI di SMA Islam Sultan Agung 01 Semarang? Tujuan yang diharapkan peneliti ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana kompetensi pedagogik terhadap keberhasilan belajar peserta didik
pada mata pelajaran PAI. Peneliti ini menggunakan penelitian deskriptif, dengan anggota populasi siswa kelas XI di SMA Islam Sultan Agung 01 Semarang yang berjumlah 319. Sample diambil dengan teknik purposive sampling sehingga setiap anggota populasi memiliki peluang untuk menjadi sampel
penelitian, berjumlah 64 orang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket dan diolah dengan rumus korelasi Pearson Product Moment Correlation (PPMC). Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap keberhasilan belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI Kelas XI di SMA Islam Sultan Agung 01 Semarang. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment Correlation (PPMC) sebesar 0,896 dengan demikian 0,896 > 0,329. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik dengan keberhasilan belajar peserta didik di SMA Islam Sultan Agung 01 Semarang.
| Dosen Pembimbing: | Sarjuni, Sarjuni and Farhan, Mohammad | nidn0623066901, nidn0605059002 | 
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | 
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)  | 
        
| Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA | 
| Date Deposited: | 23 Dec 2019 07:18 | 
| Last Modified: | 23 Dec 2019 07:18 | 
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14200 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
