Santoso, Alip (2019) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS IV DI SDN LONING 04 PEMALANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

| Download (976kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

| Download (30kB)
[thumbnail of Publikasi.pdf] Text
Publikasi.pdf

| Download (414kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

| Download (135kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

| Download (172kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

| Download (128kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (165kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

| Download (5MB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (286kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (45kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (237kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Meningkatkan kemandirian siswa kelas IV SDN Loning 04 Pemalang dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament pada mata pelajaran IPA. 2) Meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Loning 04 Pemalang dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekekatan Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Loning 04 Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa danya peningkatan kemandirian dan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan sikap kemandirian pada siklus I sebanyak 60% dengan kriteria kemandirian cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 93% dengan kriteria kemandirian sangat baik. Peningkatan prestasi belajar ditunjukkan pada siklus I sebanyak 55% dan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Loning 04 Pemalang.

Kata Kunci : kemandirian, prestasi belajar, model pembelajaran Team Games Tournament

Dosen Pembimbing: Jupriyanto, Jupriyanto and Sari, Yunita | nidn0607118801, nidn0602068401
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2019 06:56
Last Modified: 17 Dec 2019 06:56
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14030

Actions (login required)

View Item View Item