NOVAL FADLI IHSANI, MUHAMMAD (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS DALAM PEMBELAJARAN PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD KEMALA BHAYANGKARI 02 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

| Download (64kB)
[thumbnail of Pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pernyataan_publikasi.pdf

| Download (411kB)
[thumbnail of Daftarisi.pdf] Text
Daftarisi.pdf

| Download (150kB)
[thumbnail of BabI.pdf] Text
BabI.pdf

| Download (406kB)
[thumbnail of BabII.pdf] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (502kB)
[thumbnail of BabIII.pdf] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (363kB)
[thumbnail of BabIV.pdf] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (664kB)
[thumbnail of BabV.pdf] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (189kB)
[thumbnail of Daftar_pustaka.pdf] Text
Daftar_pustaka.pdf

| Download (198kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

| Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media grafis
dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap
prestasi belajar peserta didik yang bertempat di SD Kemala Bhayangkari 02
Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research ) dengan
pendekatan kuantitatif. Dan populasinya adalah seluruh peserta didik SD Kemala
Bhayangkari 02 Semarang yang berjumlah 160 siswa yang terdiri dari 6 kelas. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi kuesioner, interview dan dokumentasi.
Kemudian data tersebut dianalisis dengan mengguakan rumus Uji-T. Dalam hal ini
menempuh 3 langkah yaitu, analisis data pelaksanaan Penggunaan media grafis,
analisis data prestasi belajar PAI peserta didik, dan analisis pengaruh penggunaan
media grafis dalam pembelajaran PAI terhadap prestasi belajar peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
penggunaan media grafis dalam pembelajaran PAI terhadap prestasi belajar “Dengan
membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (to= 95.054)
danbesarnya “t” yang tercantumpada table nilai t (tabel 5% = 2,110 dan t tabel 1%
+2,898) makadapat diketahui bahwa t adalah lebih besar dari pada ttabel, yaitu :
2,110<95,054>2,898 maka hipotesis nilai (H0) ditolak dan hasilnya menunjukan
signifikan. Dengan demikian penggunaan media grafis berpengaruh pada prestasi
belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas V .

Kata kunci : Media Grafis, Pendidikan Agama Islam, Prestasi belajar

Dosen Pembimbing: Muhammad, Muhammad | nidn0623126401
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 19 Nov 2019 06:53
Last Modified: 19 Nov 2019 06:53
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13501

Actions (login required)

View Item View Item