Wajdi, Taufiq (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEMATIK DALAM KURIKULUM KUTTAB AL-FATIH SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam.
Preview |
Text
Abstrak.pdf |
Preview |
Text
BabI.pdf |
![]() |
Text
BabII.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BabIII.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BabIV.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BabV.pdf Restricted to Registered users only |
Preview |
Text
Cover.pdf |
Preview |
Text
Daftar_pustaka.pdf |
Preview |
Text
Daftarisi.pdf |
Preview |
Text
Lampiran.pdf |
Preview |
Text
Pernyataan_publikasi.pdf |
Abstract
Terjadinya pergantian sistem kurikulum yang disesuaikan dengan seiringnya zaman membuat kerancauan yang sangat membingungkan bagi para guru terlebih untuk guru yang dikhususkan dalam bidang kurikulum. Hal tersebut merupakan salah satu penyebab pendidikan di Indonesia mengalami kemunduran yang sangat memprihatinkan terlebih dalam bidang pendidikan akhlaknya, sehingga hal tersebut menjadikan sebagian guru berfikir untuk membuat suatu kurikulum tersendiri yang mana mampu menyeimbangi pola pendidikan pada zaman dulu terkhusus pola pendidikan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dengan begitu penggunaan suatu
metode dan pendekatan yang unik sangat diperlukan oleh seorang guru terlebih jika diterapkan dalam suatu kurikulum pendidikan disuatu lembaga sekolah, oleh sebab
itu penerapan pendekatan tematik dalam kurikulum Kuttab merupakan salah satu cara bagi seorang guru di dalam mengajarkan ilmu pengetahuan kepada anak didiknya,
sehingga hal tersebut diharapkan akan melahirkan generasi yang baik dan berpendidikan Qur’ani. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan
menggunakan metode kualitatif, melalui sumber data primer dan data sekunder terkait dengan Implementasi Pendekatan Tematik dalam Kurikulum Kuttab Al-Fatih Semarang, serta pihak-pihak yang terkait dalam penelitian melalui cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan menggunakan pola fikir berdasarkan pola pikir Miles and Huberman, yaitu ‘dilakukan secara interaktif melalui proses data reduction, data display dan verification atau conclusion drawing’. Landasan teori yang digunakan adalah teori tentang bagaimana guru menerapkan pendekatan tematik dalam kurikulum Kuttab AlFatih serta strategi dan metode apa yang ditekankan oleh Rasulullah dalam melahirkan generasi yang Qur’ani.
Secara garis besar, berdasarkan pada analisis data yang dilakukan oleh peneliti dapat ditarik kesimpulan bahwa hal terpenting bagi seorang guru yaitu menguasai teknik serta pendekatan yang diterapkan dalam kurikulum Kuttab yang sesuai pada tingkat kemampuan siswa. Dengan begitu penerapan konsep pembelajaran yang berbasis tematik dalam kurikulum di Yayasan Kuttab Al-Fatih sangat memberikan banyak manfaat dan dampak yang positif bagi anak terlebih bagi peserta didik, sebab hal tersebut selaras dengan visi misi Kuttab yang mampu melahirkan suatu kurikulum terpadu dalam suatu pendikan yang memuat nilai-nilai dalam pendidikan Islam itu
sendiri.
Kata kunci: pentingnya penggunaan suatu pendekatan dalam mengembangkan suatu
kurikulum terpadu yang berbasis pendidikan Rasulullah di zaman yang modern.
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 01:58 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 01:58 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |