Hamsa, Ahmad Nasim (2018) IMPLEMENTASI PENILAIAN OTENTIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

| Preview Download (7kB)
[thumbnail of BabI.pdf]
Preview
Text
BabI.pdf

| Preview Download (180kB)
[thumbnail of BabII.pdf] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (451kB)
[thumbnail of BabIII.pdf] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (206kB)
[thumbnail of BabIV.pdf] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (101kB)
[thumbnail of BabV.pdf] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (89kB)
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of Daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

| Preview Download (182kB)
[thumbnail of Daftarisi.pdf]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

| Preview Download (157kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

| Preview Download (2MB)
[thumbnail of Pernyataan_publikasi.pdf]
Preview
Text
Pernyataan_publikasi.pdf

| Preview Download (406kB)

Abstract

Penilaian otentik adalah penilaian hasil belajar peserta didik secara nyata dan menyeluruh. Artinya yang dinilai adalah semua aspek yaitu mulai dari sikap,pengetahuan dan keterampilan. Penilaian yang bukan hanya menilai hasil akhir
tetapi proses juga ikut dinilai. MTs Nahdlatusy Syubban Sayung adalah madrasah yang mulai menggunakan Kurikulum 2013 untuk pelajaran agamanya pada tahun ajaran 2017 untuk kelas VII, yang berarti penilaian otentik mulai digunakan pada
tahun tersebut. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti bagaimana perencanaan,peleksanaaan dan pengolahan hasil dari penilaian autentik yang telah dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendskripsikan perencanaan, pelaksanaan
dan pengolahan penilaian autentik pada mata pelajaran fikih pokok bahasan ketentuan salat lima waktu dan sujud sahwi di MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sehingga pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang ditujukan kepada pihak yang bersangkutan. Sedangkan analisis datanya menggunakan teori analisis data yang
dikembangkan oleh Miler dan Huberman. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa aspek perencanaan yang diwujudkan
dalam bentuk pembuatan kisi-kisi dan instrumen penilaian dalam kategori baik.Pada aspek pelaksanaan dalam kategori efektif. Karena dalam pelaksanaan penilaian sudah sesuai dengan standar penilaian yang ada pada kurikulum 2013
meskipun belum semua instrumen penilaian digunakan. Sedangkan untuk aspek pengolahan penilaian dalam kategori baik karena sudah sesuai dengan standar dan teknik penskoran yang ada pada penilaian otentik.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 02:00
Last Modified: 30 Apr 2019 02:00
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12494

Actions (login required)

View Item View Item