Lestari, Qissisina Cahya (2018) HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN AKADEMIS DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Psikologi UNISSULA.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

| Preview Download (108kB)
[thumbnail of babI.pdf]
Preview
Text
babI.pdf

| Preview Download (117kB)
[thumbnail of babII.pdf] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (168kB)
[thumbnail of babIII.pdf] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (140kB)
[thumbnail of babIV.pdf] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (173kB)
[thumbnail of babV.pdf] Text
babV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (68kB)
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

| Preview Download (90kB)
[thumbnail of Daftarisi.pdf]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

| Preview Download (95kB)
[thumbnail of lampiran.pdf]
Preview
Text
lampiran.pdf

| Preview Download (479kB)
[thumbnail of pernyataan_publikasi.pdf]
Preview
Text
pernyataan_publikasi.pdf

| Preview Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan akademis dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa tahun pertama Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini menggunakan metode cluster random sampling sebagai teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode kuantitatif dalam pengambilan sampel. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa tahun pertama Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 subjek. Pada penelitian ini, alat yang digunakan untuk mengambil data yakni berupa skala yang terdiri dari 2 skala, yakni skala kecemasan akademis dan skala regulasi diri dalam belajar. Skala kecemasan akademis disusun berdasakan 4 (empat) aspek, yakni psikologis, kognitif, somatik dan motorik. Skala kecemasan akademis terdiri dari 33 aitem yang memiliki koefisiensi reliabilitas 0.913 dengan indeks daya beda aitem yang bergerak dari 0,328-0,689. Skala regulasi diri dalam belajar disusun berdasarkan 5 komponen yakni efikasi diri akademis, nilai atau minat intrinsic, kecemasan terhadap hasil ujian, strategi kognitif yang digunakan dan regulasi metakognitif. Skala regulasi diri dalam belajar terdiri dari 37 aitem dengan koefisiensi reliabilitas 0. 902, indeksi daya beda skala ini bergerak dari 0,302-0,620. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada hubungan yang tidak signifikan antara kecemasan akademis dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa tahun pertama Universitas Islam Sultan Agung (rxy = 0,105 dengan p = 0,201).

Kata Kunci : Kecemasan Akademis, Regulasi Diri Dalam Belajar

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Mahasiswa FPSI - Skripsi Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:46
Last Modified: 30 Apr 2019 01:46
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12321

Actions (login required)

View Item View Item