WARDHANA, AWALUDDIN DHONA and PRANOTO, SIDIK (2018) DESIGN OF RAILWAY CONSTRUCTION. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

| Preview Download (70kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (117kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (151kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (254kB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

| Preview Download (390kB)
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

| Preview Download (159kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (7kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (1MB)

Abstract

Kereta api merupakan moda transportasi darat yang sangat ekonomis dibanding dengan moda transportasi darat lainnya. Dalam satu kali gerakan atau satu kali perjalanan, dengan satu lokomotif, yang berarti satu mesin dan satu pengemudi, kerata api dapat mengangkut lebih kurang 500 orang ataupun berton-ton barang. Untuk dapat berjalan dengan cepat dan aman, kerata api memerlukan jalan khusus yaitu jalan rel kereta api. Seperti telah banyak diketahui, struktur jalan rel kereta api terdiri dari dua batang rel yang ditambatkan di bantalan yang terlerak di atas lapisan balas, dan lapisan balas terletak di atas tanah dasar. Di era modern sekarang ini terdapat jalan rel kereta api yang tidak menggunakan lapisan balas dan biasanya dipakai untuk kerata api dengan kecepatan tinggi. Hasil dari perhitungan momen yang ada di bawah rel dan di tengah bantalan, untuk rel UIC54 adalah 139.152,749 kg.cm dan 45.482,235 kg.cm, dan untuk rel UIC60 adalah 222.760,541 kg.cm dan 67.228,465 kg.cm, semua hasil perhitungan tersebut memenuhi syarat yang ditentukan. Untuk jalan rel tanpa lapisan balas kekuatan struktur jalan rel diperiksa dengan tidak terjadinya retak pada plat beton. Hasil perhitungan tegangan untuk rel UIC54 adalah: tegangan kearah memanjang (longitudinal) σct = 1,208 MPa; kearah leteral σct = 0,319 MPa, sedangkan uttuk rel UIC60 kearah longitudinal σct = 1,27 Mpa, dan untuk kearah lateral σct = 0,301 Mpa. Hasil perhitungan keretakan yang terjadi pada plat beton rel tanpa balas adalah 0,0484 mm dan 0,0621 mm sehingga plat beton dinyatakan aman terhadap keretakan. Pemeriksaan terakhir untuk plat beton jalan rel tanpa balas adalah pemeriksan penurunan atau deformasi plat, dan hasilnya adalah 0,0905 mm dan 0,1134 mm. Dapat disimpulkan bahwa struktur jalan rel kereta api baik menggunakan lapisan balas maupun yang tanpa menggunakan lapisan balas aman untuk dipergunakan.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Mahasiswa FT - Skripsi Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:57
Last Modified: 29 Oct 2018 04:57
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11597

Actions (login required)

View Item View Item